Yuk jaga kesehatan dan lindungi diri dengan rangkaian dari Betadine.

Seneng banget waktu hari Kamis, tanggal 27 Februari 2020 lalu saya di undang ke acara yang di selenggarakan oleh Inke Maris & Associates(IM&A) dan BETADINE. Acara berlangsung di Plataran Menteng, di Jalan HOS. Cokroaminoto No 42 Menteng, Jakarta Pusat. Ini kedua kalinya saya mampir ke tempat ini. Tempatnya baguuuus, saya suka banget sama ambiencenya. Acara dimulai jam 12 sampai dengan jam 15 sore. Di mulai dengan makan siang, dan tentu saja makanannya enak enak semuaaa. Huhuhu!

Ptaran Menteng
Salah satu sudut Plataran Menteng

Negara Indonesia saat ini sedang khawatir dengan terdeteksinya virus corona. Satu sisi, musibah lain yaitu banjir juga belum selesai. Kita sebagai ibu, harus siap selalu menjaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri, anak – anak dan keluarga. Virus dan kuman yang tidak terlihat dengan mata, begitu banyak dan tanpa kita sadari, kadang kadang kita sudah merasa bersih karena sudah mencuci tangan atau mandi. Pertanyaannya, apakah cara mencuci tangan dan mandi kita sudah benar? Apakah sabun dan perawatan badan yang kita pakai sudah benar bisa membunuh kuman kuman? Pertanyaan lainnya, pernah ga sih kalian bingung memilih vitamin, atau bahkan bingung memilih sabun, atau alat kebersihan pribadi dan keluarga?

Di supermarket begitu banyak produk yang di tawarkan, mereka menawarkan keunggulan produk masing masing. Apa benar produk A bisa membunuh kuman? Apa benar produk B dapat menjaga kulit kita dari kuman? Berbagai pertimbangan kita pasti pikirin ya, mulai dari khasiatnya apa, merk apa, dan harganya berapa. Sekarang jangan bingung lagi ya. Karena BETADINE mempunyai rangkaian lengkap untuk melindungi diri kita dan keluarga.

Talkshow dari Betadine kali ini dengan tema “Rangkaian Kebaikan Alam yang Melindungi untuk Jaga Kesehatan dan Lindungi Diri Secara Menyeluruh dari Betadine”. Selain memperkenalkan Betadine Natural Series, juga sekaligus penyerahan sertifikasi halal secara simbolis dari MUI.

Acara talkshow ini dihadiri oleh para dokter dan petinggi dari Betadine, seperti Adi Prabowo Head of Brand Strategy and Category Development, dr. Mery SulastriEducator & Trainer Mundipharma, dr. RIni CendikaMedical Manager Mundipharma, Dr. dr. Nastiti Kaswandani, SpA(K) – Dokter Spesialis Anak, Mada Shinta DewiCountry Manager Mundipharma Indonesia, Gissela NurfitrianiBrand Manager Betadine.

BETADINE produk kepercayaan masyarakat Indonesia, memperkenalkan rangkaian lengkap yang mengandung  kebaikan alam dan efektif memberikan perlindungan secara menyeluruh bagi tubuh. Rangkaian perlindungan menyeluruh ini terdiri dari Femine Care Category yang memberikan perlindungan pada area kewanitaan; Protective Care Category yang membersihkan, melembabkan  dan melindungi kulit; serta Upper Respiratory Tract Infection (URTI) Care Category solusi alami mengatasi pilek dan flu di era penggunaan antibiotic yang berlebih.

Setelah sambutan oleh MC, acara pertama di buka oleh pembicara Mada Shinta DewiCountry Manager Mundipharma Indonesia, mengatakan, “Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan diri (personal hygiene) agar terhindar dari penyakit. Oleh karena itu, BETADINE hadir dengan Feminie Care Category, Protective Care Category, dan Upper Respiratory Tract Infection (URTI)  Care Category yang mengandung kebaikan alam, seperti madu manuka yang dikenal sebagai madu terbaik seluruh dunia. Daun sirih yang dikenal secara turun-menurun untuk membersihkan area kewanitaan;  serta inovasi terbaru lOTA Carageenan yang mampu memberikan perlindungan secara menyeluruh. Ketiga kategori produk ini mampu mencegah masalah kesehatan berkembang menjadi lebih serius,serta aman digunakan oleh keluarga Indonesia. Produk BETADINE Feminie Care dan Protective  Care Category juga telah dilengkapi dengan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI)

Mada Shinta DewiCountry Manager Mundipharma Indonesia.

Pembicara selanjutnya yaitu dr. Mery SulastriEducator & Trainer Mundipharma Indonesia, mengatakan, “Menjaga kebersihan diri dapat dimulai dengan hal yang  paling mendasar, yaitu mandi dan cuci tangan secara teratur dengan menggunakan sabun antibakteri. Sebaiknya sabun antibakteri yang mengandung bahan alami seperti lidah buaya, madu maduka, pomegranate dan vitamin E yang tidak hanya berfungsi membunuh bakteri jahat, namun juga membantu memelihara kelembaban kulit. Sementara itu bagi para wanita, penggunaan sabun mandi biasa untuk membersihkan area kewanitaan itu tidak tepat. Oleh karena itu, disarankan menggunakan pembersih khusus area kewanitaan, untuk mencegah masalah di area kewanitaan seperti, gatal-gatal,  bau tidak sedap dan keputihan. Pembersih area kewanitaan yang direkomendasikan bukan hanya yang mengandung pH seimbang, namun juga yang dapat menutrisi flora normal sehingga memberikan perlindungan dengan maksimal”
Sementara itu, untuk kategori kesehatan saluran pernapasan bagian atas atau Upper Respiratory Tract Infection (URTI) Care Category, BETADINE hadir dengan BETADINE Cold Defence Nasal Spray yang mengandung lota Carrageenan dari rumput laut merah.

dr. Mery Sulastri
Educator & Trainer Mundipharma Indonesia

Beberapa fakta berikut Kuman penyebab penyakit ada disekitar kita hingga 24 jam. 95% orang tidak mencuci tangan dengan benar. Jumlah kuman pada ujung jari setelah menggunakan toilet adalah 2 kali lipat. Dan Tangan yang basah lebih mungkin menyebarkan kuman 1000 kali dibandingkan tangan yang kering.

Menurut Depkes RI menjaga kebersihan tubuh dengan cara mandi teratur minimal 2 kali sehari.

Sabun yang baik adalah sabun yang keset? Ternyata salah ya mam. Ada beberapa Harmful Chemical atau bahan kimia berbahaya seperti SLS dan Paraben. apa sih itu?

SLS (Sodium Lauryl Sulfate)

  • Ditemukan di produk pembersih dan produk kosmetik.
  • Di konsentrasi tinggi, SLS dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan kerusakan mata

PARABEN

  • Sering ditemukan pada produk personal care
  • Dapat menyebabkan perubahan hormon, dan memiliki efek buruk pada masa hamil dan masa pertumbuhan tubuh.
  • Beberapa efek samping terkait dengan potensi tinggi terjadinya kanker.
  • Eropa melarang Isopropylparaben, Isobutylparan, Phenylparaben, Benzylparaben dan Pentylparaben

Nah, dari situ kita mesti memilih produk yang skin friendly soap. Yang mencakup: pH Balance, pH yang sesuai dengan pH kulit area tubuh. Moisture Balance, yang dapat mempertahankan kelembaban kulit dan Skin Friendly Ingredients, yang terbuat dari bahan alami yang ramah di kulit dan tidak mengandung bahan berbahaya.

80% of all infections are transmitted by HANDS! And a cell phone has 18 times more bacteria than a public restroom. Hiks mengerikan banget yaaa.

Yuk belajar mencuci tangan dengan air mengalir dan hand sanitizer.

Mencuci tangan dengan sabun.
Mencuci tangan dengan Hand Sanitizer.

Feminine Hygiene

Yuk kita kenali pH yang tepat untuk tubuh kita.

  • Kulit Kepala (pH 5.2 – 5.8) Produk pembersih ideal seperti sampo dan konditioner rambut.
  • Wajah (pH 5.2 – 5.8) Produk pembersih ideal: Pembersih spesial untuk wajah.
  • Tangan/Kaki (pH 5.2 – 5.8) Produk pembersih ideal : Sabun mandi.
  • Vagina (pH 3.8 – 4.2) Produk pembersih ideal : Pembersih wanita dengan tingkat aktifitas yang tepat.

pH area kewanitaan juga akan berubah saat menstruasi. Area kewanitaan normalnya memiliki suasana asam (pH 3.5 – 4.5) . Meningkatkan pertumbuhan flora normal (Lactobacillus) dan menghambat pertumbuhan kuman penyebab penyakit.

  1. pH yang meningkat selama periode menstruasi. Pada kondisi normal, pH area kewaitaan ideal adalah 3.5 – 4.5, tetapi pada saat menstruasi meningkat hingga 7.4 ketika pH meningkat, jumlah bakteri baik di area kewanitaan akan menurun sehingga resiko infeksi meningkat.
  2. Kondisi lembab membuat lebih banyak kuman baik bakteri atau jamur berkembang.
  3. Adanya faktor-faktor seperti pembalut dan pakaian dalam yang harus dijaga kebersihannya selama menstruasi.

Saat menstruasi, risiko mengalami infeksi di area kewanitaan meningkat tajam. Itulah sebabnya penting bagimu untuk menjaga kebersihan di area kewanitaanmu.

Tips menjaga kebersihan area kewanitaan:

  • Ganti pembalut dan panty liner minimal tiap 4-6 jam sekali
  • Ganti pakaian dalam tiap 4-6 jam sekali atau jika merasa lembab.
  • Gunakan celana dalam dari bahan katun yang menyerap keringat dan tidak ketat.
  • Jangan menukar atau meminjam handuk dan celana dalam dari orang lain.
  • Gunakan pembersih kewanitaan yang tepat.

Pilih sabun pembersih kewanitaan sehari hari yang mendukung flora normal, pH balance yaitu pH sesuai dengan pH area kewanitaan, dan skin friendly ingredients, terbuat dari bahan alami yang ramah di kulit dan tidak mengandung bahan berbahaya.

Nah, bagi kalian yang masih membersihkan daerah kewanitaan dengan sabun biasa yuk kita ganti dengan sabun khusus untuk area kewanitaan kita agar pH nya tetap seimbang ya.

Materi selanjutnya oleh Gissela NurfitrianiBrand Manager Betadine. Beliau mengatakan “Ada beberapa consumer’s insight seperti ‘Berpikir apabila sabun antibakteri membuat kulit kering dan tidak baik digunakan setiap hari’ dan ‘Mempertanyakan kalau bahan alami tidak sekuat bahan kimia dalam hal membasmi kuman’ “

Gissela NurfitrianiBrand Manager Betadine

BETADINE mempunyai produk Betadine Natural Defense, yaitu

  • Sabun antibakteri dari bahan alami.
  • Dengan bahan bahan dari alam. Antiseptik alami. Formula pH balanced (5,5). Aloe Vera dan Vitamin E yang melembabkan dan menyehatkan.
  • Dengan formula yang ramah di kulit dan aman di gunakan setiap hari.
  • Teruji klinis aman dipakai dikulit untuk seluruh keluarga (anak usia 1 tahun dan dewasa)

Betadine Natural Defense ada dua macam yaitu yang mengandung Madu Manuka dan Pomegranate. Betadine Natural Defense ini juga mengandung beberapa bahan sebagai berikut:

  1. Madu Manuka. Salah satu jenis madu terbaik di dunia. Dikenal sejak lama mengandung banyak nutrisi dan mampu membunuh kuman.
  2. Aloe Vera. Kaya akan nutrisi yang mampu menjaga kelembabab kulit.
  3. Vitamin E. Dikenal sebagai antioksidan yang baik dan mampu melindungi kulit.
  4. Dermatologically Tested. Teruji klinis aman dipakai dikulit.
  5. Pomegranate. Dikenal dengan banyak manfaat termasuk dalam membunuh kuman dan melindungi kulit dari bakteri.

Selanjutnya materi yang saya tunggu tunggu oleh dr. Nastiti Kaswandani, Sp.A (K)Dokter Spesialis Anak, beliau mengatakan “Saluran pernapasan bagian atas, terutama pada anak merupakan organ tubuh yang paling mudah terpapar virus, seperti influenza. Dibandingkan orang dewasa, anak kecil lebih mudah terserang virus karena system kekebalan tubuhnya yang belum sempurna. Orang tua harus menjaga saluran pernapasan atas anak agar tidak mudah tertular salesma atau common cold.

Seringkali anak mendapatkan pengobatan antibiotic yang tidak perlu karena gejala salesma, padahal salesma dapat dengan sendirinya. Riset menunjukkan lota Carrageenan memberikan benefit terhadap infeksi virus saluran pernafasan dengan cara mengikat dan menjebak virus didalam rongga hidung,sehingga virus tidak dapat melekat pada mukosa dan bermultipikasi. Studi menunjukkan lota Carrageenan dapat mengurangi jumlah virus, durasi gejala, dan kekambuhan sehingga dapat digunakan sebagai alternative menghadapi infeksi virus flu atau penyebab salesma lainnya.”

Apakah Commond Cold sama dengan Flu? Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) :

  • Biasanya berlangsung kurang lebih 2 minggu.
  • Menyerang saluran pernapasan atas dan bawah.
  • Contoh ISPA Atas: Common Cold (Rhinitis/selesma, rhinopharyngitis) (Morbidity -> angka kejadian tinggi)
  • Contoh ISPA Bawah : Pneumonia (Mortality -> angka kematian tinggi)

Pengobatan Commond Cold yang tidak rasional :

  • Antibiotika (kecuali ada bukti infeksi bakteri)
  • Obat mengandung steroid.
  • Anti-tusif (obat yang menekan atau menahan batuk)
  • Obat bebas atau OTC (Over The Counter) yang biasanya mengkombinasikan bermacam – macam obat.

Penanganan Commond Cold/Flu yang rasional :

  • Penting : meningkatkan imunitas : ASI pada bayi, nutrisi yang cukup, istirahat dan minum yang banyak untuk mencegah dehidrasi.
  • Simptomatis, artinya mengurangi gejala yang timbul.
  • Contohnya bila demam dapat diberikan parasetamol.
  • Bila batuk berdahak sulit dikeluarkan dapat diberikan pengencer dahak.
  • Obat topikal pada hidung yang aman seperti normal saline (NsCl fisiologis) boleh diberikan.
  • Obat topikal yang mengandung Iota Carrageenan dipalorkan melalui beberapa studi
  1. Studi pada hewan. Tikus dengan infeksi FLU yangn diberikan IC angka kematiannya lebih rendah.
  2. Studi pada manusia (clinical trial)
  3. IC memperbaiki gejala salesma pada 2-4 hari dibandingkan yang tidak mendapat IC.
  4. IC menurunkan jumlah virus lebih cepat.
  5. IC menurunkan durasi gejala selesma
  6. Pemberian IC menurunkan angka kekambuhan.

Kesimpulan dari ilmu yang dipaparkan oleh dr. Nastiti Kaswandani, Sp.A (K) yaitu:

  • Commond cold atau selesma sering dijumpai pada anak, gejalanya biasanya ringan berupa batuk, pilek dan demam yang bisa sembuh sendiri.
  • penyebab selesma paling banyak adalah virus, diantaranya Rhinovirus, Influenza (FLU) dan Coronavirus.
  • Pengobatan tidak perlu berlebihan seperti pemberian antibiotik, steroid, nebulisasi, anti-tusif. Selain tidak bermanfaat malah dapat menimbulkan efek samping.
  • Studi mendapatkan bahwa Iota Carrageenan mempunyai manfaat dalam mengurangi gejala keparahan commond cold, menurunkan viral-load, mengurangi durasi sakit dan menurunkan risiko kekambuhan.

Pembicara kita yang terakhir yaitu dr. RIni CendikaMedical Manager Mundipharma. Beliau memperkenalkan solusi alami atasi common cold and flu. Yaitu Betadine Cold Defense Nasal Spray. Memiliki khasiat untuk membantu mengatasi kumasn penyebab pilek dan flu.

dr. RIni CendikaMedical Manager Mundipharma

Betadine Cold Defense Nasal Spray ini memiliki komposisi larutan garam dengan 1,2 mg/ml Carrageenan (ganggang merah). Kegunaannya membantu mengurangi durasi dan keparahan gejala pilek dan flu pada anak usia 1 tahun lebh dan orang dewasa.

Dosis :

  • Anak : 3 kali sehari, 2-3 semprotan ke setiap lubang hidung.
  • Dewasa : 3 kali sehari, 1 semprotan ke setiap lubang hidung.

Apa sih Carragelose ?

Carragelose adalah substansi alami dari IOTA-CARRAGENAN (ganggang merah. Yang memiliki keunggulan:

  • Natural. Polisakarida natural yang terdapat pada ganggang merah.
  • Topikal. IOTA-Carrageenan tidak memiliki efek sistemik.
  • Efektif. IOTA-Carrageenan efektif menghilangkan kuman penyebab pilek dan flu.

Mekanisme kerja Carragelosa (IOTA-Carrageenan) yang ada pada Betadine Cold Defence Nasal Spray yaitu :

  • Membungkus kuman penyebab pilek dan flu yang ada pada dinding hidung.
  • Yang akan menghalangi kuman menyebar dan bermultiplikasi.
  • Sehingga dapat mengatasi kuman secara alami.

Keunggulan Betadine Cold Defence Nasal Spray:

  • Natural.
  • Steroid Free (Bebas Steroid).
  • Drug Free (Bebas kandungan obat).
  • Preservative Free (Tanpa bahan pengawet).

Naaaaah pas banget ni, pas acara ini saya memang lagi pilek, jadi ga perlu bingung lagi milih obat apa yang cocok dan aman.

Adi Prabowo Head of Brand Strategy and Category Development, dr. Mery SulastriEducator & Trainer Mundipharma, dr. RIni CendikaMedical Manager Mundipharma, Dr. dr. Nastiti Kaswandani, SpA(K) – Dokter Spesialis Anak, Mada Shinta DewiCountry Manager Mundipharma Indonesia, Gissela NurfitrianiBrand Manager Betadine

Waaaah ga kerasa 3 jam berlalu. Begitu banyak ilmu yang saya dapat dari talkshow BETADINE kali ini. Dan senang sekali bisa berbagi sedikit ilmu lewat tulisan saya ini. Semoga bermanfaat juga untuk kalian yaa. Mari kira selalu menjaga kesehatan. Terima Kasih untuk BETADINE dan Inke Maris & Associates. ^^

Tentang BETADINE
BETADINE adalah produk yang sudah dipercaya lebih dari 50 tahun di seluruh dunia untuk mencegah dan mengobati infeksi. Sebuah merek terpercaya di antara konsumen rumah tangga untuk mengobati luka kecil dan luka gores, sakit tenggorokkan, infekasi kewanitaan, dan untuk menghentikan masalah kecil agar tidak meningkat menjadi masalah besar.

Rangkaian produk BETADINE Natural Series terdiri dari :

  • BETADINE Feminine Wash Natural Daun Sirih Radiance Blossom dan Firming Floral.
    Produk dengan kandungan daun sirih yang dikombinasikan dengan Prebiotik untuk perlindungan ekstra pada area kewanitaan. Produk ini telah teruji dapat membantu membuat kulit sekitar area kewanitaan lebih cerah dan kencang. BETADINE Feminine Wash sudah tersedia di outlet Guardian, Watsons, serta Alfamart, hypermarket, supermarket,dan Modern Trade Independen local.
BETADINE Feminine Wash Natural Daun Sirih Firming Floral
BETADINE Feminine Wash Natural Daun Sirih Radiance Blossom.
  • BETADINE Natural Defense Body Wash Nourishing Manuka Honey & Moisturising Aloe Vera; dan BETADINE Natural Defense Body Wash Refreshing Pomegranate & Moisturising Aloe Vera; serta BETADINE Natural Defense Foaming Hand Nourishing Manuka Money & Moisturising Aloe Vera
    Produk saun antibacterial untuk kebersihan dan kesehatan kulit sehari-hari. Mengandung bahan alami manuka honey dan pomegranate yang dikombinasikan dengan lidah buaya organik serta vitamin E untuk kulit yang bersih dan lembab. Produk ini juga sudah tersedia di outlet Guardian, Watsons, serta Alfamart, hypermarket, supermarket, dan Modern Trade Independen local.
  • BETADINE Cold Defence Nasal Spray untuk dewasa dan anak-anak
    Produk untuk saluran pernapasan bagian atas yang mampu meredakan gejala pilek dan flu lebih cepat pada dewasa maupun anak dengan bahan alami lota Carageenan. Produk ini dapat di peroleh di outlet Watsons dan Guardian
BETADINE Cold Defence Nasal Spray untuk anak-anak
BETADINE Cold Defence Nasal Spray untuk dewasa

Semua produk BETADINE Natural Series tersedia lengkap di Online BETADINE Official Store, Tokopedia,  Shopee, Lazada, dan Bukalapak.

Foto dulu setitik
Tempat yang nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *