Takoishi Bogor

Siapa yang udah pernah makan Takoyaki? Duuuuh! pasti semua jawab Udaaaaah! Makanan khas dari negeri sakura Jepang ini udah terkenal di Indonesia. Takoyaki ini jadi salah satu makanan kesukaan saya sejak lama. Sebagai penggemar takoyaki, awalnya saya sulit mencari tempat yang pas dan sreg yang cocok di lidah, atau dengan kata lain saya mencari takoyaki yang enak. Karena ada beberapa yang menjual takoyaki di Bogor, dan sempet saya mencobanya.

Nah, akhirnya saya punya langganan tempat kalau mau beli takoyaki yang enak dan tak mau berpaling lagi, Ihiy! Bukan cuma takoyakinya aja yang enak, tapi ada menu lainnya seperti yaki udon dan okonomiyaki. Keduanya juga dijamin enak. Naaaaah. Penasaran kan di mana tempat langganan takoyaki kesukaan saya?

Ini dia namanya, Takoishii .

Takoishii ini udah berdiri sejak 1 Januari 2011. Wah udah lama juga ya. Udah 8 taun lalu ni ada di Bogor!

Kenapa sih namanya Takoishii? Tako itu sendiri dari bahasa Jepang yang artinya adalah Octopus. Dan Ishii nya dari kata Oishii dari bahasa Jepang juga yang artinya enak. Jadi bisa diartiin dengan Octopus yang rasanya enak. Apalagi octopusnya udah diolah jadi Takoyaki, Okonomiyaki dan Yaki Udon, dengan resep dan bumbu yang udah ga di ragukan lagi, bikin octopus-octopus itu makin enak di makannya. 

Tapi ga usah khawatir, bagi yang ga suka dengan Octopus, Takoishii ini menyediakan isian lain kesukaan orang Indonesia, seperti Udang, Crab stick atau kepiting dan Sosis. 

LOKASI dan TEMPAT TAKOISHII

Dimana sih lokasinya? Lokasi Takoishii ada di Botani Square, Lantai Ground, Jalan Pajajaran, Bogor Tengah, Bogor.

Jam bukanya sama kaya jam buka mall Botaninya, yaitu setiap hari Senin sampai Minggu jam 10.00 pagi sampai jam 22.00 malam.

Setia menunggu pesanan hihihi
Bisa makan di tempat atau di bawa pulang juga oke

Menu Takoishii

Menu di booth Takoishii ini ada 3 macam. Yang tadi saya bilang di awal. Semuanyaaaaa kesukaan saya. Yaitu: Takoyaki, Okonomiyaki dan Yaki Udon. Yuk kita bahas satu satuuu.

Takoyaki

Harga takoyakinya Rp. 21.000, dan dapet 4 pieces takoyaki. Ukurannya lumayan besar, padet, kenyel, dan bisa milih isiannya, ada Octopus, Shrimp, Crabstick, Sausage.

Kalau mau nambah topping Cheese atau tambah Egg Mayo bisa. Tinggal nambah Rp. 6.000 aja. Biar tambah enak rasanya dan makin kenyang kan.

Menurut Wikipedia, takoyaki di artikan dengan

Takoyaki (たこ焼き) adalah nama makanan asal daerah Kansai di Jepang, berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita di dalamnya.”

Takoyaki Octopus

Okonomiyaki

Menu kedua di Takoishii yaitu Okonomiyaki. Harganya Rp.26.000. Isian dan toppingnya sama dengan takoyaki. Yaitu Octopus, Shrimp, Crabstick, Sosis. Topping Cheese dan Egg Mayo nya juga sama Rp.6.000 aja.

Menurut Wikipedia,

Okonomiyaki (お好み焼き) adalah makanan Jepang dengan bahan tepung terigu yang diencerkan dengan air atau dashi, ditambah koltelur ayammakanan laut atau daging babi dan digoreng di atas penggorengan datar yang disebut teppan.

Okonomiyaki adalah salah satu jenis masakan teppanyaki yang bisa dimakan begitu saja atau sebagai lauk teman nasi putih. Okonomiyaki sering dimakan dngan sendok datar yang disebut kote (hera) yang juga berfungsi sebagai sodet sewaktu membalik okonomiyaki.

Dalam bahasa Jepangokonomi berarti “suka-suka” (yang disuka, yang diinginkan) dan yaki berarti “panggang” (istilah “goreng” hanya digunakan di Jepang bila makanan digoreng dengan minyak yang sangat banyak). Sesuai dengan namanya, lapisan atas (topping) okonomiyaki bisa disesuaikan dengan selera orang yang mau memakan.

Berdasarkan cara pembuatan dan bahan yang digunakan, okonomiyaki dibagi menjadi dua jenis:

irisan kol dicampur dengan adonan seperti sewaktu membuat puyonghai

irisan kol hanya diletakkan di atas adonan yang dilebarkan di atas penggoreng seperti sewaktu membuat panekuk.”

Nah itu penjelasan dari wikipedia, Okonomiyaki di Takoishii ini halal tidak memakai daging babi, dan porsinya lumayan bikin kenyang, apalagi kalau pake tambahan topping telur dan keju. makin berasa “kaya” di lidah deh!

Yaki Udon

Menu terakhir di Takoishii yaitu yaki udon. Udonnya udah pasti banyak, ga rugi deh. Dengan harga yang sama dengan okonomiyaki Rp. 26.000, Yaki Udon ini dijamin bikin kamu ketagihan! Duuuh nulis blog nya aja sampai ngileeeer iniiii. hiks hiks!

Isian dan topping juga sama seperti Takoyaki dan Okonomiyaki. Tapi menurut saya yang Yaki Udon ini bikin kenyang banget. Karena pake udon kali yaaaa.

Semua pasti udah tau kalau Udon kan yaaa. Buat yang belum tau, saya kasih tau bocoran arti udon menurut wikipedia nih,

Udon (うどん,饂飩) adalah salah satu jenis mi yang sudah dikenal di Jepang sejak dulu, dibuat dari tepung terigu dan berbentuk tebal serta agak lebar.”

“Makanan dengan kata yaki ini memiliki arti makanan yang dibakar atau dimasak di atas penggorengan atau wajan datar”

Nah itu dia sedikit review saya kali ini tentang salah satu jajanan favorite saya. Langsung deh ke Botani Square Bogor. Pesen 3-3 nya buat makan bareng keluarga.

Selamat Kuliner yaaaa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *