Kenapa Harus Vaksin Flu?

Dari judulnya pasti kalian langsung buru buru liat buku imunisasi anak anak, sambil liat apa yaa imunisasi yang belum di kasih tahun ini, selalu di periksa ya takut ada yang kelewat.

Inget banget dulu waktu baru anak pertama, pengalaman mengurus anak masih kurang, dan kalau udah sakit paniknyaa kaya apa. Pertama kali anak demam panik, pertama kali anak batuk pilek panik, apa aja yang namanya pertama pasti bikin deg deg an yaaa. Pernah juga ngerasain pas anak sakit demam saya selimutin, saya kompres pake air dingin, dan pas pilek ‘ingus’nya saya sedot pake alat. Kayanya kaka Hirzi jadi bagian experiment percobaan saya yang belum banyak ilmu di dunia mengurus anak hiks! Alhamdulillahnya, pas kejadian pertama itu, saya mencari lebih banyak info yang lebih akurat lagi.

Seneng banget acara The Urban Mama kali ini bekerja sama bareng Kenapa Harus Vaksin . Acara yang diadakan di Kembang Kencur Pejaten Jakarta Selatan ini menghadirkan ambience sesuai temanya yaitu “Back To School” Nuansa warna merah dan biru membuat suasana serasa hangat, ceria dan betah. Setelah melakukan registrasi, saya diberikan 1 botol Dualapan coffee sebagai welcome drink nya. Lanjut masuk ke ruangan yang penuh keceriaan layaknya sedang berada di sebuah sekolah playgroup atau sekolah taman kanak kanak, saya menghampiri bagian makanan cemilan yang telah disediakan di bagian teras belakang, waaaah banyak banget snack snack lucu disana, seperti sate telur gulung, kue cubit, kembang gula, rambut nenek dan minuman dingin. Duuuuh ga sabar saya pengen cobain semua hahaha!

Oh iya ga hanya itu, ada kolam renang dan taman juga, di taman itu bukan hanya tersedia cemilan tadi, tapi sekalian sama gerobak dan abang abang penjualnyaaa. Daaan ada es Goyang jugaaa waaah udah lama banget ga makan es goyang! Ada permainan untuk anak juga ni, kolam bola dan meja kursi serta peralatan menggambar dan mewarnai. Wohooo! Nyesel ga bawa kaka sama adek nih. Huhuhu!

Snack Corner
Mumpung masih sepi foto dulu
Kue Cubit
Kembang Gula
Kembang Gula
Rambut Nenek
Sate Telur Gulung

Setelah mencicipi makanan yang di sediakan, acara dimulai deh. Bakal ada dokter Attila Dewanti Sp.A(K) dan artis cantik Maya Septha.

WHO sendiri sudah merekomendasikan vaksin influenza sejak bayi umur 6 bulan. #Kenapaharusvaksin merupakan sebuah campaign yang digagas oleh Sanofi Pasteur Indonesia sejak April 2019. Campaign ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia agar turut menyebaran informasi mengenai manfaat dan pentingnya vaksinasi.

Sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki persepsi bahwa vaksinasi hanya diperuntukan untuk anak saja, melalui gerakan Kenapa Harus Vaksin kami ingin membagikan informasi pentingnya vaksinasi untuk berbagai tahapan usia mulai dari bayi, anak, remaja, dewasa hingga lanjut usia.

Kira kira penyakit apa yang paling sering menghinggapi anak anak kita? Iya benar, yaitu penyakit flu, buka hanya anak anak, kita orang dewasa pun rentan dan sering terkena flu. Padahal cuaca lagi oke, tidak angin tidak ada hujan tiba tiba flu.

Flu itu ada beberapa macam, Ada flu yang biasa aja (common cold) , yang flunya dateng satu-dua hari hilang. Ada juga yang namanya influenza, yaitu flu yang sebenarnya, dan perlu kita waspadai. Karena kadang kita anggap sepele, yang kalau kita diamkan, flu itu akan menjadi komplikasi, terutama untuk anak umur 5 tahun, yang awalnya batuk pilek biasa, tiba tiba menjadi sesak, napasnya cepat dan itu bisa terjadi pneumonia.

Pneumonia sendiri terjadi infeksi pada paru, biasanya bisa terjadi karena komplikasi dari flu yang tidak diobati. Tetapi jika kita bisa mengatasi dari awal, tidak akan terjadi komplikasi itu. Dan biasanya yang terjadi kan, kita ga akan tau ni anak kita flu sesek atau ngga. Nah mulai sekarang kita harus lebih aware, anak kita itu flu demam biasa atau flu yang influenza.

Karena sebenernya flu demam biasa dan influenza itu penyebabnya hampir sama, yaitu sama-sama virus. Biasanya flu demam ringan saja, 2-4 hari hilang flunya. Beda sama influenza, flu yang agak lebih berat, biasanya anak anak jadi lebih rewel, badannya pegal, ga bisa nafas, kadang sampai muntah karena batuknya, dan berhari hari tidak sembuh.

Influenza itu adalah penyakit yang sangat menular, menyerang saluran napas. Mulai dari hidung, tenggorokan, dan jika kita diamkan akan masuk ke paru paru. Influenza menular lewat udara dengan cara bersin, batuk atau berbicara. Maka itu jika kita sedang flu biasakan memakai masker agar tidak menularkan flu kepada orang lain.

Kenapa harus vaksin flu? Influenza atau flu adalah penyakit pernapasan menular yang disebabkan oleh virus influenza dan berisiko tinggi bagi anak-anak.

Influenza atau flu adalah penyakit pernapasan menular yang di sebabkan oleh virus influenza yang menginfeksi hidung, tenggorokan dan paru paru. Penyakit influenza sering dianggap ringan, ternyata berisiko tinggi bagi anak anak.

Anak-anak berusia di bawah 5 tahun adalah kelompok yang paling berisiko tertular flu dan terkena komplikasi, seperti sinus hingga infeksi paru-paru seperti pneumonia dan bronchitis. Ditambah lagi dengan kondisi sistem kekebalan tubuh anak yang belum terbentuk sempurna. Maka dari itu, flu tidak boleh kita sepelekan. Penularan flu dapat terjadi dengan mudah di kalangan anak-anak, terutama di lingkungan sekolah dimana tingkat kebersihannya kurang terjamin.

Untuk melindungi anak dan keluarga dari flu, cara pertama dan terbaik adalah dengan mendapatkan vaksin flu tahunan untuk orangtua dan anak. Selain itu, kita perlu menjaga kebersihan dengan cara sering mencuci tangan dengan sabun dan air hangat. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan antiseptik berbasis alkohol.

Selalu diingatkan untuk vaksin influenza 😀

Kenapa sih harus Vaksin? #KenapaHarusVaksin

  • Membangun kesadaran kepada masyarakat tentang dampak dari virus influenza
  • Mendorong orangtua untuk mendapatkan vaksin flu dalam rangka memberikan perlindungan kesehatan kepada anak.
  • Membangun urgensi tentang pentingnya mendapatkan vaksin flu setiap tahun,

Apa itu Virus Influenza?

Meski kerap dianggap ringan, influenza adalah penyakit yang mudah menular dan dapat menimbulkan berbagai komplikasi, hingga menyebabkan kematian. Flu bisa berisiko tinggi bagi anak-anak. CDC (Centers for Disease Control and Prevention) memperkirakan bahwa antara 7.000 sampai 26.000 anak-anak di bawah umur 5 tahun telah dirawat di rumah sakit setiap tahun di Amerika Serikat karena influenza.

Orang yang terkontaminasi virus influenza dapat menularkan virus tersebut kepada orang lain dalam waktu 1 hari menjelang terkena flu, sampai dengan 5-7 hari setelahnya. Flu juga dapat menyebar melalui percikan ludah akibat kontak langsung dari seseorang yang sudah lebih dulu terinfeksi maupun bersin, dengan menyentuh sesuatu yang telah terkontaminasi virus flu dan kemudian menyentuh mulut, mata maupun hidung.

Tanda-tanda anak terkena sakit influenza:

  1. Demam mencapai suhu 39,4′ Celcius sampai 40,5’Celcius.
  2. Nyeri di badan
  3. Sakit kepala
  4. Sakit tenggorokan
  5. Batuk yang semakin parah
  6. Merasa kelelahan
  7. Pilek dan hidung mampet

Bagaimana cara melindungi anak kita dari virus influenza?

  1. Pencegahan influenza dapat dilakukan melalui vaksinasi yang harus dilakukan setiap tahun.
  2. Vaksinasi flu direkomendasi untuk semua orang berusia 6 bulan ke atas setiap tahun.
  3. Vaksin flu dibuat menggunakan langkah-langkah keamanan dan produksi yang ketat. Jutaan orang telah aman menerima vaksin flu selama beberapa dekade.
  4. Selain itu, kita perlu membatasi kontak dengan orang yang terkontaminasi virus influenza, seta menjaga kebersihan dengan cara sering mencuci tangan dengan sabun dan air hangat. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan antiseptik berbasis alkohol

Lalu apa manfaatnya dari Vaksin Flu?

  • Sebagai perlindungan terhadap anggota keluarga sendiri dan orang lain.
  • Mengurangi risiko terkena flu dan komplikasinya.
  • Vaksin flu mengandung Strain yang lebih lengkap, memberikan proteksi yang maksimal.

Nah, sekarang udah tau kan bahwa flu tidak boleh disepelekan, jangan ragu untuk vaksin influenza orangtua dan anak anak ya, setiap setahun sekali. Semoga kita selalu sehat ya Mam.

Terima kasih untuk #Kenapa Harus Vaksin dan The Urban Mama untuk acara yang sangat bermanfaat ini. Sampai bertemu lagi di event dan tulisan selanjutnya yaaaa. Bye 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *