Biogesic Pereda Nyeri Keluarga

Hidup sehat itu mahal, kegiatan dan aktivitas kita sehari hari yang banyak tentunya membuat kita lelah. Bener ga? Saya sendiri sebagai ibu dari 2 anak, dengan kerjaan yang ga tentu jadwalnya, sementara harus bisa mengatur dan membagi waktu supaya semuanya terkendali. Antara anak, keluarga, kerjaan dan urusan rumah. Kadang buat urus diri sendiri ke salon aja ga sempet. Loh kok curhat?! Hahahaha!

Jika kita tidak bisa menjaga kesehatan dengan baik seperti minum vitamin, olahraga dan menjaga pola makan, tanpa kita sadari, kita akan mudah terserang penyakit. Kalau udah sakit, aktivitas kita pun akan terganggu. Penyakit yang sering saya alami kalau udah kebanyakan aktivitas dan kurang istirahat yaitu sakit kepala. Penyakit yang umum terjadi pada orang dewasa pada umumnya selain sakit kepala yaitu demam dan nyeri seperti nyeri otot, sakit gigi, nyeri haid, nyeri badan karena gejala flu, dan nyeri lainnya. Dan pasti bikin kita lemes dan tidak bisa beraktivitas seperti biasanya.

Kalau udah begitu, apa sih yang kalian lakukan jika mengalami nyeri tersebut? Kebanyakan orang mungkin memilih untuk membeli obat nyeri atau parasetamol yang tersedia di warung atau toko yang harganya murah atau yang cepat meredakan nyeri tersebut tanpa mencari tahu, apakah produk parasetamol tersebut aman untuk di konsumsi atau tidak. Ada efek sampingnya atau tidak.

Nah yang paling penting lagi yaitu untuk anak. Anak anak kan rentan sekali dengan peyakit, capek dikit bisa demam, cuaca ga bersahabat bisa flu, teman sekolahnya batuk bisa juga ketularan batuk dan pilek, mau tumbuh gigi bisa demam sumeng, belum lagi kalau anak sakit gigi pasti rewelnya bisa bikin anak dan mama nya ga bisa tidur semaleman.

Jangan sembarangan memilih parasetamol untuk anak ya mam, kita harus memilih yang terbaik tentunya. Yang benar benar mengandung 100% paracetamol. Siapa yang tidak panik jika anak yang tiba tiba demam padahal pagi harinya masih ceria, makanya kita harus selalu sedia paracetamol terbaik di rumah dan di tas P3K kita yang dapat kita bawa kemana mana tanpa mikir ribet atau berat.

Persiapan acara #TUMLuncheon dan Biogesic

Sabtu, 13 Juli 2019 lalu saya semangat sekali untuk persiapan event #TUMLuncheon nya The Urban Mama dan Biogesic . Kenapa sih seneng? Bukan bohong atau mau iklan ni yaaah, karena emang dari dulu mama tuh di rumah selalu sediain Biogesic buat pereda nyeri, seperti saat saya sakit kepala, demam, sakit gigi, gejala flu, badan pegel dan nyeri haid!

#TUMLuncheon

Saya pribadi sih biasanya ga langsung memilih untuk meminum obat, jika badan saya sudah memberi tahu sinyal sinyal yang ga enak, saya biasanya memilih untuk istirahat terlebih dahulu, dengan mengurangi aktivitas, banyak minum air putih dan makan yang bisa menghangatkan atau meringankan sakitnya. Jika usaha tersebut udah ga mempan, saya segera meminum obat paracetamol atau obat pereda nyeri. Pilihan mama pasti udah oke dong ya, dengan menyediakan selalu Biogesic di rumah. Nah makanya saya excited banget sama acaranya, ada apa sih dengan biogesic edisi kali ini?

Biogesic merupakan produk yang mengandung 100% paracetamol tanpa kafein yang aman di konsumsi oleh semua keluarga di segala usia.

Acara Biogesic yang bertema “Better Safe than Sorry” ini berlangsung di Pand’or Food and Cake yang berlokasi di jalan wijaya I no 60 Jakarta Selatan. Tempatnya yang luas dan bernuansa classic membuat suasana menjadi nyaman dan hangat. Huhuhu! Selalu kece deh kalau The Urban Mama bikin acara! Laff!

Acara di buka oleh MC cantik mbak Hana Fajar, lalu di lanjut dengan sambutan oleh Teh Ninit selaku founder dari The Urban Mama, dan sambutan oleh mbak Vianda dari Biogesic. Lalu sedikit sharing cerita oleh Fifi Alvianto dan acara utama yaitu penjelasan tentang paracetamol dan beberapa tips dari dr Sarah Audia. Yuk, ini dia penjelasan dari dokter Sarah.

MC oleh HananaFajar
Teh Ninit Yunita Founder The Urban Mama
Mbak Vianda dari Biogesic
Fifi Alvianto

Better Safe than Sorry

Mencegah itu lebih baik. Pentingnya menjaga kesehatan merupakan pencegahan terbaik. Perbaiki lifestyle (pola makan, olahraga, kualitas tidur baik, medical check rutin, no smoking dan alcohol), dan kurangi stress.

Dr Sarah Audia

Apa aja sih gejala dan penyakit tersering di kehidupan sehari hari:

Nyeri (Rasa Sakit)

Pengalaman sensori dan emosi yang tidak menyenangkan dimana berhubungan dengan kerusakan jaringan atau potensial terjadi kerusakan jaringan (International Association for the study of Pain, 1979)

  1. Common cold.
  2. Demam karena infeksi.
  3. Diare.
  4. Nyeri haid.
  5. Sakit perut (diare, dispesia/maag)
  6. Sakit gigi.
  7. Sakit kepala.
  8. Trauma fisik.

Nyeri bersifat individual dipengaruhi oleh genetik, umur, dan jenis kelamin. Secara umum, nyeri terbagi menjadi nyeri ringan, nyeri sedang dan nyeri berat. Lebih spesifik, nyeri di golongkan berdasarkan jenis, penyebab, kompilasi dan derajat nyeri.

Derajat nyeri tersebut, bisa dinilai melalui:

  1. Visual Analog Scale (VAS)

Cara menghitung skala nyeri yang paling banyak digunakan oleh praktisi medis, VAS merupakan skala linier yang akan memvisualisasikan gradasi tingkatan nyeri yang di derita oleh pasien.

2. Verbal Rating Scale (VRS)

Verbal Scale (VRS) hampir sama dengan VAS, hanya pernyataan verbal dari rasa nyeri yang di alami oleh pasien ini jadi lebih spesifik.

3. Numeric Rating Scale

Jika tadi penghitungan skala nyeri didasari pada pernyataan, maka metode Numeric Rating Scale (NRS) ini didasari pada skala angka 1-10 untuk menggambarkan kualitas nyeri yang dirasakan pasien. Lebih sensitif untuk nyeri akut.

4. Wong Baker Pain Rating Scale

Digunakan pada pasien dewasa dan anak lebih dari 3 tahun yang tidak dapat menggambarkan intensitas nyerinya dengan angka.

Lalu kapan aja sih kita mesti minum obat?

  1. Jika nyeri sampai menurunkan fungsi tubuh mengganggu aktivitas sehari hari.
  2. Sifat obat : pereda sementara untuk meredakan nyeri saat ini.
  3. Tergantung individu masing – masing.
  4. Jika nyeri tidak berangsur pulih dan membaik, segera ke dokter.

Demam

Demam adalah peninggian suhu tubuh dari variasi suhu normal sehari hari yang berhubungan dengan peningkatan titik patokan suhu di hipotalamus (Dinarllo & Gelfand, 2005).

Suhu tubuh normal berkisar antara 36,5 – 37,2’C. Derajat suhu yang dapat dikatakan demam adalah rectal temperature >= 38,0’C atau oral temperature >= 37,5’C atau axilary temperature >= 37,2’C (Kaneshiro & Zieve, 2010)

Demam dapat disebabkan oleh faktor infeksi ataupun faktor non infeksi. Demam akibat infeksi bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur ataupun parasit.

Penatalaksaan demam bertujuan untuk merendahkan suhu tubuh yang terlalu tinggi bukan untuk menghilangkan demam.

Kapan minum obat dan ke dokter?

  1. Jika suhu mulai naik > 37,5’C, mengganggu aktivitas sehari hari.
  2. Waspada jika anak ada riwayat kejang demam.
  3. Paracetamol adalah obat pereda demam dan obat anti nyeri yang aman dan paling aman untuk anak (kecuali individu dengan riwayat alergi paracetamol).
  4. Penangan demam secara langsung oleh dokter apabila penderita dengan umur > 3 bulan dengan suhu >38’C, penderita dengan umur 3-12 bulan dengan suhu >39’C, penderita dengan suhu >40,5’C, dan demam dengan suhu yang tidak turun dalam 48-72 jam (Kaneshiro & Zieve, 2010)

Terapi Demam

  • Non Farmakologis
  1. Pemberian cairan dalam jumlah banyak untuk mencegah dehidrasi dan beristirahat yang cukup.
  2. Tidak memberikan penderita pakaian panas yang berlebihan pada saat menggigil.
  3. Memberikan kompres hangat pada penderita. Pemberian kompres hangat efektif terutama setelah pemberian obat. Jangan berikan kompres dingin karena akan menyebabkan keadaan menggigil dan meningkatkan kembali suhu inti (Kadeshiro & Zieve, 2010)
  • Farmakologis : Paracetamol

Paracetamol

  • Salah satu pereda demam dan nyeri yang paling aman.
  • Indikasi Parasetamol digunakan sebagai :
  1. Antipiretik/menurunkan panas, misal setelah imunisasi atau influenza.
  2. Analgesik/mengurangi rasa sakit, misal sakit kepala, sakit gigi dan nyeri (ISFI, 2008).

Parasetamol kontraindikasi untuk diberikan kepada :

  1. Penderita dengan gangguan fungsi hati yang berat.
  2. Penderita yang hipersensitif terhadap parasetamol (ISFI,2008)

Pemberian parasetamol yang berlebihan akan menyebabkan hepatotoksik dan nefropati analgesik (Wilmana & Gan, 2007).

Minum obat sesuai anjuran dokter :

  • Patuh dan disiplin dengan anjuran minum obat dari dokter.
  • Antibiotik diberikan untuk indikasi adanya infeksi bakteri, dan hanya diresepkan oleh dokter.
  • Antibiotik tidak bisa dibeli bebas dan digunakan sembarangan.
  • Pentingnya konsumsi antibiotik sesuai anjuran dokter untuk menurunkan resiko resistensi antibiotik.

Persiapan obat di rumah :

  1. Lengkapi kotak P3K di rumah dengan obat – obatan seperti paracetamol syrup untuk anak, parasetamol tablet untuk dewasa.
  2. Simpan di lemari es untuk obat syrup yang sudah dibuka.
  3. Lihat expired date setiap membeli obat atau akan memberikan obat ketika keluarga sakit.
  4. Bekali obat anti kejang jika anak ada riwayat kejang demam.
  5. Persediaan anti histamin (obat alergi), resep sesuai anjuran dokter.
Mbak Vianda dan dr Sarah

Acara selanjutnya yaitu Brush Lettering oleh mbak Feni @besinikel yang udah jauh jauh dateng dari Bogor untuk berbagi ilmunya. Wah, ini kali kedua saya ikutan workshop Brush Letteringnya nih!

Mbak Feni dengan hasil Brush Letteringnya
Tutorial Brush Lettering
Fifi Alfianto juga ikut belajar Brush Lettering
Brush Lettering hasil Fifi Alfianto
Antusias belajar brush lettering

Tidak terasa acara brush lettering pun berakhir, berakhir pula acara #TUMLuncheon with Biogesic kali ini.

Jadiiii, jangan lupa ni, Biogesic merupakan produk yang mengandung 100% paracetamol tanpa kafein yang aman di konsumsi oleh semua keluarga di segala usia. Biogesic mampu mengatasi masalah nyeri keluarga yang sering terjadi pada orang dewasa meliputi sakit kepala, nyeri haid, sakit gigi, nyeri otot dan sendi. Dan pada anak anak seperti demam dan sakit gigi. Langsung deh minum Biogesic.

#TUMLuncheon dan Biogesic

Keunggulan Biogesic yaitu:

  • Aman. Bertahun tahun telah di rekomendasikan oleh dokter. Dapat dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Tidak menyebabkan iritasi di lambung.
  • Efektif. Meredakan sakit kepala, demam dan nyeri.
  • Ekonomis. Jumlah 4 tablet dalam strip sesuai kebutuhan. Harga terjangkau.
  • Praktis. Kemasan strip dengan design modern. Mudah dibawa.
  • Lengkap. Tersedia 2 varian, tablet dan sirup. Dapat diberikan untuk anak dan dewasa.
  • Biogesic tablet mengandung 500mg Paracetamol. Biogesic Anak mengandung 160mg Paracetamol.
Foto Bersama #TUMLuncheon with Biogesic

Nah seru kan acaranya, Terima kasih untuk Biogesic dan The Urban Mama. Jangan lupa sedia selalu Biogesic sebagai pereda nyeri keluarga anda.

See You on my next blogpost!

One Comment Add yours

  1. Aban says:

    mantaapp lengkap jelas dan dapet ilmu baru gimana ngatasi demam yang benar y teh (dulu taunya kompres pake es, ternyata yang benar malah pake air panas yaa..) hehehe yang pasti alhamdulillah obat andalan mama yanti dari dulu memanf bagus brarti ya, biogesic, dari kecil sampe sekarang kalau pusing pasti minum biogesic hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *