Johnson’s Sentuhan Cinta melalui Stimulasi Pijat Bayi

Hai mama dan calon mama di seluruh Indonesia!

Semua calon mama dan mama yang sudah memiliki buah hati pasti selalu ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati kita, hal terkecil yaitu sebelum melahirkan, kita pasti akan sibuk mempersiapkan produk bayi yang berkualitas untuk anak kita tentunya. Seperti baby oil, shampoo, baby bath, bedak, baby lotion dan perawatan bayi lainnya.

Nah jangan bingung untuk memilih produk bayi ya. Siapa sih yang ga kenal dengan produk Johnson’s Baby? Well, dari saya kecil sampai sekarang saya sudah punya dua anak, saya selalu mempercayakan perawatan badan, dan rambut anak anak dengan produk Johnson’s Baby. Wanginya yang tahan lama, lembut dan tidak pedih di mata membuat saya enggan pindah ke lain hati. Hihihi!

Nah, tambah seneng lagi ni, hari Rabu tanggal 26 Juni 2019 kemarin, saya di undang oleh Johnson’s Baby dan The Urban Mama untuk menghadiri acara “Johnson’s Sentuhan Cinta” yang berlokasi di Hotel Gran Mahakam Jakarta.

Acaranya pasti akan seru nie, saya bakal ketemu dengan calon mama dan mama mama hebat dengan anak anak dan bayinya. Yeay!

Sedikit cerita, saya berangkat dari Bogor 2 jam sebelum acara di mulai, supaya ga telat ke acara tersebut, dan Alhamdulillaah jalanan Jakarta sedang bersahabat, tidak macet. Saya, Ipeh serta 2 teman saya yang sedang hamil dan 1 teman saya yang baru memiliki bayi berumur 6 bulan, tiba di lokasi setengah jam sebelum acara dimulai. Setiba di lokasi, kami langsung melakukan registrasi dan masuk ke suatu ruangan dimana acara akan dilangsungkan.

Ruangan yang saya masuki untuk acara pijat bayi ini sangat tenang, tidak terlalu dingin suhunya, lampu yang pas tidak terlalu silau, dan memang di design agar para mama dan bayi tetap nyaman berada di ruangan selama acara pijat berlangsung. Sudah di sediakan yogamat, bantal untuk duduk dan Johnson’s Baby Lotion tentunya. Wiih jadi ga sabar!

Panggung yang sudah siap dan rapi, serta sekeliling ruangan yang di penuhi dengan foto ibu-ibu Nusantara yang sedang memijat bayi, serta produk-produk Johnson’s Baby yang di pajang dengan rapi. Jadi ga sabar untuk foto foto ni. Hihihihi!

Acara di buka oleh MC, yaitu seorang artis cantik Vivit Kavi, dan di lanjutkan dengan sambutan yang pertama oleh Devy Andrie Yheanne selaku Leader Johnson & Johnson’s Indonesia. Beliau mengatakan bahwa komitmen Johnson’s di level global yaitu Johnson’s berkomitmen untuk terus membantu milyaran orang di seluruh dunia untuk dapat hidup lebih lama, lebih sehat dan lebih bahagia.

MC – Vivit Kavi
Devy Andrie Yheanne

Setelah itu sambutan oleh Ibu Wynne, Brand Manager dari Johnson’s Baby. Beliau mengatakan bahwa Johnson’s & Johnson’s memecahkan rekor Guinness World Records untuk peserta pijat bayi terbanyak tahun 2017, sebanyak 629 bidan se Indonesia. Beliau juga menyampaikan bahwa lebih dari 70.000 bayi Indonesia tidak bertahan hidup lebih dari 28 hari. Bagaimana jika ternyata memijat bayi bisa membantu menyelamatkan bayi lainnya. Johnson’s membantu para ibu di Indonesia untuk mewujudkan harapan mereka dengan Sentuhan Cinta. Pijat bayi dapat memperlancar peredaran darah dan memperkuat daya tahan tubuh bayi untuk mendukung dia bertahan melewati 28 hari pertamanya.

Ibu Wynne, Brand Manager dari Johnson’s Baby.

Acara selanjutnya yaitu sambutan dari dr. Bernie Endyarni Medise SpA(K),MPH. Selaku dokter spesialis anak dan konsultan tumbuh kembang mediatri sosial. Beliau mengatakan berat badan bayi ketika di lahirkan itu normalnya 2.500 Gram atau 2,5 Kg dan berat otak bayi pas lahir yaitu 400 gram. Lalu di usia 3 tahun bertambah berat otaknya yaitu 1.100 Gram, berarti beratnya bertambah sebesar 700 Gram selama 3 tahun. Nah berat otak dewasa kita hanya 1.400 Gram. wah cuma sedikit ya kenaikannya dari 3 tahun sampai kita dewasa!

dr. Bernie Endyarni Medise SpA(K),MPH

Beliau bertanya lagi. Apa arti kata tumbuh? Tumbuh yaitu fisik. Jadi tambah ukuran dan jumlah dari sel tubuh, biasanya di ukur dengan berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala. Kalau berkembang apa? Berkembang yaitu maturasi dari fungsi tubuh kita.

Bagaimana agar tumbuh kembang anak optimal? Ada dua hal yang sangat di butuhkan. Yang pertama yaitu ASI atau Air Susu Ibu. Yang kedua yaitu Stimulasi. Salah satunya stimulasi pijat.

Golden Period pada bayi dan anak :

  1. Bayi baru lahir sangat rentan, terutama di awal masa kehidupannya. Kulit bayi sangat tipis, jadi kita harus hati hati, Bayi juga gampang terkena penyakit, rawan terjadi gangguan dan infeksi. Daya tahan tubuh bayi masih lemah juga.
  2. Sejak dilahirkan, bayi belajar melalui panca inderanya setiap hari. Panca indera mencakup mata, hidung, telinga, mulut dan kulit. Perkembangan bayi juga ada 4 yaitu motorik kasar (lari, duduk), Motorik halus (menulis, meraih), komunikasi berbahasa dan personal sosial atau kemandirian.
  3. Tumbuh kembang bayi yang terganggu dapat berpengaruh buruk pada kehidupan selanjutnya (kecerdasan, emosi, fisik, mental).
dr. Bernie Endyarni Medise SpA(K),MPH

Cara Terbaik Perawatan Bayi dan Anak :

  1. Penuhi Kebutuhannya. Fisik mencakup Nutrisi, stimulasi. Mental/Emosional mencakup ikatan bonding anak dengan orangtua.
  • Bonding. Dari sejak bayi dilahirkan, ia akan menggunakan inderanya untuk melanjutkan bonding yang di mulai dari kandungan.
  • Perkembangan. Saat indera penglihatan bayi berkembang, ia akan belajar mengkoordinasi mata, tangan, termasuk memegang dan meraih objek. Saat bayi belajar bergerak, selain melatih keahlian mobilitasnya, akan ada banyak stimulasi multisensori yang terjadi pada dirinya.

Stimulasi yaitu Multisensori.

Stimulasi itu mencakup :

  1. Penglihatan
  2. Penciuman
  3. Perabaan
  4. Pendengaran
  5. Pengecap
  6. Keseimbangan

Kapan terjadinya stimulasi? Setiap Saat. Bentuk stimulasi sehari hari seperti :

  1. Saat Mandi
  2. Makan
  3. Main
  4. Persiapan Tidur
  5. Sentuhan
  6. Stimulasi Pijat

Bath Time :

Penelitian ilmiah membuktikan bahwa rutinitas mandi yang di lakukan secara stimulasi multi sensori memberikan manfaat berupa:

  1. Berkurangnya tangisan dan stress bayi.
  2. Pertambahan berat badan.
  3. Terbentuknya kemampuan komunikasi bayi.
  4. Memperbaiki kuantitas dan kualitas tidur.

Infant Massage (Stimulasi Pijat Bayi)

Momen lain untuk memperkaya pengalaman sensorial dengan berbagai manfaat. Mencakup Eye visual contact, Communication baby talk to mother, Touch (sentuhan saat pijat), Fragrance saat menggunakan media oil atau lotion.

Nah bagian ini lah yang akan di ajarkan oleh Johnson & Johnson’s. Dimana aktivitas ini yaitu pijat bayi atau stimulasi, bukan terapi. Makanya yang harus melakukan pijat bayi yaitu orangtuanya.

Manfaat Pijat Bayi Sehari-hari.

A. Manfaat Fisik.

  1. Membantu pengaturan sistem pencernaan dan penyerapan. Hal ini untuk membantu meningkatkan berat badan dan tumbuh sehat.
  2. Membantu melancarkan sistem peredaran darah.
  3. Membantu melancarkan sistem sirkulasi atau pernafasan.
  4. Membantu meningkatkan sistem immunitas, sehingga bayi semakin sehat.
  5. Meningkatkan kualitas tidur dan memperlama masa tidur, sehingga tidur lebih lelap dan lama, yang berguna untuk perkembangan memori.

B. Manfaat Emosional.

  1. Membuat ikatan atau bonding dengan ibu atau orangtua.
  2. Lebih mudah bersosialisasi. Contohnya berupaya menjangkau , tersenyum, dan kontak mata.
  3. Membantu meredakan ketidaknyamanan (Kolik, tumbuh gigi)
  4. Menurunkan produksi hormon stresor sehingga membuat bayi menjadi riang.
  5. Mengurangi rewel.
  6. Membantu bayi untuk berlatih relaksasi, sehingga bayi menjadi riang.

Tips dalam memastikan agar tumbuh kembang anak lebih optimal

A. Untuk bayi : sehat, nyaman dan happy.

  1. Sehat. Terpenuhi nutrisinya dan terhindar dari paparan penyakit.
  2. Kebersihan. Yang menempel di kulit bayi (baju, handuk). Kebersihan peralatan yang digunakan (alat makan, mainan)
  3. Happy. Kebutuhan kasih sayang dan keamanan.

B. Hindari. Pastikan jangan membuat bayi tidak nyaman oleh hal hal sepele seperti :

  1. Wewangian atau bebauan yang tajam (ibu maupun peralatan untuk bayi).
  2. Suhu ekstrim.
  3. Tekstur kasar.
  4. Suara keras dan kasar.
  5. Cahaya yang terlalu silau.

Karena bayi yang tidak nyaman akan rewel, dan dampaknya bayi tidak optimal belajar atau menyerap stimulasi, sehingga tumbuh kembang tidak optimal dan kecerdasan (kognitif dan emosional) di kemudian hari bisa terganggu.

Kesimpulannya: Begitu lahir, bayi belajar lingkungan sekitarnya melalui indera sensorinya.

  1. Multisensory Stimulation. Jadi saat kita memandikan bayi, menyusui, ganti popok, pijat bayi dan aktivitas lainnya bersama bayi jangan diam aja. Tapi ajak bayi kita mengobrol tersenyum dan lainnya.
  2. Merangsang Sedini Mungkin : Potensi komunikasi, potensi emosi positif, potensi kecerdasan, potensi motorik halus dan kasar.
  3. Karakter Bayi. Meliputi ceria, sehat, cerdas dan aktif.

Dengan adanya pijat bayi atau skin to skin contact, dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak agar sesuai dengan tahapan usianya.

Dan sampailah kita ke acara utama dari rangkaian Johnson’s Sentuhan Cinta. Yaitu stimulasi pijat bayi, yang akan di sampaikan oleh Emillya Eventha selaku instruktur pijat bayi Johnson’s Baby.

Emillya Eventha

Beliau akan menjelaskan dan memberi contoh tentang teknik pijat bayi. Yuk kita mulai!

  1. Pijatan Wajah.
  2. Pijatan Dada.
  3. Pijatan Perut.
  4. Pijatan Tangan.
  5. Pijatan Kaki.
  6. Pijatan Punggung.
  1. Pijatan Wajah.
    1. Caress Love yaitu sentuhan cinta. Gerakan mengusap dengan rasa sayang dimulai dari garis tengah wajah ke arah samping. Gerakan ini menggunakan telapak tangan di ulang sebanyak 6 kali dengan itungan masing masing 8.
    2. Relax yaitu pijatan daerah alis. Pijat daerah di atas alis dari tengah ke samping menggunakan kedua ibu jari.
    3. Circle Down yaitu Pijatan memutar membentuk lingkaran. Pijat mulai dari kedua sudut mata bagian dalam turun melewati pangkal hidung sampai tulang pipi, dengan gerakan memutar perlahan menggunakan ibu jari atau jari telunjuk.
    4. Smile yaitu Senyuman. Pijat di atas mulut bayi menggunakan ibu jari dari jari tengah ke samping kemudian ke arah pipi seperti senyuman bayi. Lalu pijat di atas dagu mulai dari tengah ke samping menuju ke arah pipi seolah membuat bayi tersenyum.
    5. Cute yaitu Pijatan daerah belakang telinga. Akhiri pijatan wajah dengan gerakan lingkaran kecil mulai dari daerah di bawah telinga menuju dagu dengan menggunakan tiga jari.
  2. Pijatan Dada
    1. Butterfly yaitu Pijatan kupu – kupu. Letakkan kedua telapak tangan di tengah dada bayi. Lalu gerakkan kedua telapak tangan ke atas sampai sampai di bawah leher kemudian ke samping, ke bawah, dan kempali ke tengah tanpa mengangkat tangan, menyerupai sayap kupu-kupu. Tidak boleh menekan ulu hati ya mam. Patokannya dua jari di atas ulu hati.
    2. Cross yaitu Pijatan menyilang. Letakkan kedua telapak tangan di kedua sudut tulang rusuk terbawah. Lalu pijat menyilang dengan telapak tangan dari pinggang ke arah bahu dan sebaliknya, bergantian kanan dan kiri. Tidak mengangkat kedua tangan kita ya mom, jadi bergantian.
  3. Pijatan Perut.
    1. Mengayuh. Letakkan telapak tangan kanan di bawah tulang iga dan hati. Gerakkan telapak tangan kanan ke bawah dengan tekanan lembut sampai di bawah pusar. Lalu ulang dengan telapak tangan kiri secara bergantian beberapa kali. Itungan tangan kanan 4 hitungan, kiri 4 hitungan, jadi total hitungan tetap 8. di ulangi sebanyak 6 kali.
    2. Bulan Matahari. Pijat dengan telapak tangan kanan, mulai dari perut kanan bawah bayi ke atas menuju ke perut kiri bawah bayi searah jarum jam atau gerakan bulan. Lanjutkan pijatan dengan tangan kiri dengan gerakan berputar mulai perut sebelah kanan bawah bayi ke atas mengikuti arah jarum jam membentuk lingkaran penuh atau gerakan matahari. Gerakan ini dilakukan tidak terputus. Patokannya adalah tangan kiri kita memutar terus, tangan kanan hanya setengah lingkaran. Hitungan tetap 8 kali di ulang sebanyak 6 kali.
    3. I LOVE YOU.
      1. I – Pijat dengan tiga ujung jari tangan, dari perut kiri atas bayi lurus ke bawah seperti membentuk huruf I.
      2.  LOVE – Pijat dengan tiga ujung jari tangan, dari kanan atas ke kiri atas perut bayi, kemudian ke bawah membentuk huruf L terbalik.
      3. YOU – pijat dengan tiga ujung jari tangan dari perut kanan ke bawah ke atas kemudian ke perut kiri atas menuju ke bawah membentuk huruf U terbalik.
    4. Walking Fingers yaitu pijatan jari jari berjalan. Tekan seluruh bagian dinding perut dengan ujung jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis bergantian berjalan dari sebelah kanan ke ke kiri bayi untuk mengeluarkan gelembung udara. Pijat bayi tidak boleh terlalu tekan atau terlalu pelan, sehingga bayi akan kegelian jika terlalu pelan. Jika terlalu tekan bayi akan menangis. Maka dari itu kita harus melihat bayinya ya mam, sambil mengobrol juga.
    5. Relax yaitu gerakan relaksasi. Akhiri pijatan perut dengan mengangkat dan menekuk kedua kaki bayi hingga bagian paha menyentuh perut kemudian menekan perlahan ke arah perut. Jangan memaksakan jika baru pertama kali bayi di pijat. Biasanya awal awal pijat paha hanya bisa sampai setengah tekukan, jika sudah sering di pijat akan bisa sampai perut.

4. Pijatan Tangan.

Milking yaitu pijatan memerah.

  • Milking India (Perahan India). Pegang lengan bayi dengan kedua telapak tangan seperti memegang memukul softball yaitu tangan kanan menggenggam lengan atas, tangan kiri menggenggam lengan bawah. Hitungan tetap 8 dibagi 4-4 sebanyak 6 kali. Tetap gunakan oil atau baby lotion dari Johnson’s ya mama sehingga bayi merasa licin dan tidak sakit. ^^
  • Milking Swedia (Perahan Swedia). Lakukan gerakan kebalikan dari Perahan India. Gerakan dilakukan dari pergelangan tangan ke pangkal lengan. Lakukan hal yang sama untuk tangan sebelahnya ya mama.

Rolling yaitu pijatan menggulung. Gunakan kedua telapak tangan untuk membuat gerakan seperti menggulung mulai dari pangkal lengan menuju pergelangan tangan. Memutar mutar dari atas ke pergelangan sebanyak 8 hitungan ulang 6 kali untuk tangan kanan dan kiri.

Squeezing yaitu pijatan memeras. Lakukan gerakan memutar dan memeras dengan lembut dari pangkal lengan ke pergelangan tangan dengan kedua tangan. Lakukan gerakan tersebut pada tangan kanan dan kiri bayi. Hitungan 8 kali sebanyak 6 kali. Jangan terlalu keras yaaa.

Thumb after thumb yaitu Pijatan telapak dan punggung tangan. Pijat seluruh permukaan telapak tangan mulai dari pergelangan tangan ke arah jari – jari menggunakan kedua ibu jari. Lalu pijat seluruh permukaan punggung tangan mulai dari pergelangan tangan ke arah jari – jari menggunakan kedua ibu jari. Pijatan ini sangat bagus untuk bayi yang baru lahir, karena bayi jangan sering mengepalkan jarinya terus. Hitungan 8 kali.

Spiral yaitu pijatan memutar pada telapak dan punggung tangan. Pijat seluruh permukaan telapak tangan mulai dari pergelangan tangan menuju pangkal jari dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari. Lalu pijat seluruh permukaan punggung tangan mulai dari pergelangan tangan menuju pangkal jari dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari.

Finger Shake yaitu pijatan pada jari. Goyang dan tarik lembut setiap jari tangan bayi. Jangan di tarik kencang hanya di putar sambil agak d tarik, ritme sama 8 ketukan sebanyak 6 kali untuk kiri dan kanan.

Relax yaitu gerakan relaksasi. Dibagi menjadi 2, yaitu

  • Tangan disilangkan. Pegang pergelangan tangan bayi dan silangkan keduanya di dada. Luruskan kembali kedua tangan bayi ke samping, ulang gerakan ini beberapa kali. Tangan kanan di atas tangan kiri lalu sebaliknya, lakukan sebanyak 6 kali.
  • Diagonal tangan – kaki. Permukaan ujung kaki kanan dan ujung tangan kiri bayi di atas tubuh bayi sehingga membentuk garis diagonal. Tarik kembali kaki kanan dan tangan kiri bayi ke posisi semula. Pertemukan ujung kaki kiri dan ujung tangan kanan bayi di atas tubuh bayi sehingga membentuk garis diagonal. Tarik kembali kaki kiri dan tangan kanan bayi ke posisi semula. Lakukan gerakan ini secara bergantian dan berulang – ulang.

5. Pijatan Kaki.

Milking yaitu Pijatan memerah.

Milking India yaitu Perahan India. Pegang tungkai bayi dengan kedua telapak tangan seperti memegang pemukul softball (tangan kanan menggenggam tungkai atas, tangan kiri menggenggam tungkai bawah). Lalu buat gerakan seperti memerah dengan menggerakkan tangan kanan dan kiri ke bawah dari pangkal paha ke tumit secara bergantian dan berulang – ulang.

Milking Swedia yaitu Perahan Swedia. Lakukan gerakan kebalikan dari Perahan India. Gerakan dilakukan dari pergelangan kaki ke pangkal paha. Lakukan gerakan ini pada kaki kanan dan kiri bayi. sebanyak 6 kali 8 hitungan. Sebenarnya pijatan untuk kaki tahapannya sama seperti pijatan pada tangan.

Squeezing yaitu pijatan memeras. Lakukan gerakan memutar dan memeras dengan lembut dari pangkal paha ke pergelangan kaki dengan kedua tangan.. Lakukan 8 hitungan untuk kaki kanan dan kiri sebanyak 6 kali.

Thumb after thumb yaitu Pijatan Telapak dan Punggung Kaki. Pijat seluruh permukaan telapak kaki mulai dari tumit ke arah jari – jari menggunakan kedua ibu jari. Lalu pijat seluruh permukaan punggung kaki mulai dari tumit ke arah jari – jari menggunakan kedua ibu jari.

Spiral yaitu Pijatan memutar pada telapak dan punggung kaki. Pijat seluruh permukaan telapak kaki mulai dari pergelangan kaki menuju pangkal jari dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari. Lalu pijat seluruh permukaan punggung kaki mulai dari pergelangan kaki menuju pangkal jari dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari.

Finger Shake yaitu Pijatan pada Jari. Goyang dan tarik lembut setiap jari kaki bayi. Lakukan gerakan teknik ini pada kaki kanan maupun kiri bayi, masing masing sebanyak 6 kali dan setiap gerakan lakukan dalam waktu 8 hitungan.

Relax yaitu gerakan relaksasi. Dibagi menjadi 2 bagian yaitu:

Menyilangkan Kaki. Pegang kedua pergelangan kaki bayi. Silangkan ke atas, sehingga mata kaki kanan luar bertemu mata kaki kiri dalam. Kembalikan posisi kaki pada posisi semula. Lalu pegang kedua pergelangan kaki bayi. Silangkan ke atas, sehingga mata kaki kanan dalam bertemu mata kaki kiri luar. Kembalikan posisi kaki pada posisi semula. Gerakan ini dilakukan bergantian dan berulang – ulang.

Menekuk Kaki Bergantian. Pegang pergelangan kaki kanan dalam posisi kaki lurus, kemudian tekuk kaki kanan perlahan ke arah perut. Lakukan gerakkan yang sama pada kaki kiri, ulang secara bergantian beberapa kali.

  1. Pijatan Punggung
    1. Go Back Forward yaitu pijatan maju mundur. Tengkurapkan bayi melintang di depan pemijat, dengan kepala di sebelah kiri dan kaki di sebelah kanan pemijat. Posisi telapak tangan tegak lurus terhadap tulang punggung bayi. Lakukan gerakan maju mundur menggunakan telapak tangan di sepanjang punggung,  dari leher sampai ke bokong bayi. Jika ingin di posisi pangkuan ibu boleh, perhatikan pernafasan bayi yang utama.
    2. Slip yaitu Pijatan Meluncur. Posisi telapak tangan tegak lurus terhadap tulang punggung bayi. Gerakan telapak tangan lurus dari atas ke bawah, dari leher sampai bokong.
    3. Mengayuh. Letakkan telapak tangan kanan tegak lurus terhadap tulang belakang. Gerakkan telapak tangan kanan ke bawah dengan tekanan lembut sampai bokong. Ulang dengan telapak tangan kiri secara bergantian beberapa kali.
    4. Spiral yaitu Pijatan Melingkar. Buat gerakan melingkar kecil di sepanjang otot punggung, mulai dari bahu sampai bokong sebelah kiri dan kanan dengan menggunakan tiga jari. Lakukan gerakan teknik ini pada kaki kanan maupun kiri bayi, masing masing sebanyak 6 kali dan setiap gerakan lakukan dalam waktu 8 hitungan.
    5. Menggaruk. Akhiri pijatan punggung dengan membuat beberapa kali belaian memanjang dari leher memuju bokong dengan menggunakan ujung – ujung jari. Lakukan sebanyak 6 kali.

Nah itu dia beberapa tahapan teknik pijat bayi Johnson’s Baby. Udah ga bingung lagi kan?

Ini saya kasih link nya JOHNSON’S Baby buat lebih jelas tentang stimulasi pijat bayi ya Mama

www.Johnsonsbaby.co.idlink tentang informasi mengenai sentuhan cinta Johnson’s Baby.

www.johnsonsbaby.co.id link tentang informasi mengenai pijat bayi untuk tumbuh kembang anak.

Nah, sebagai tambahan ni, berdasarkan data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), angka kematian bayi di Indonesia menurun dari 32 per 1.000 kelahiran hidup pada 2012 menjadi 15 per 1.000 kelahiran hidup pada 2017. Meskipun demikian, untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs), pemerintah menargetkan angka kematian bayi di Indonesia turun menjadi 12 per 1.000 kelahiran. Untuk itu, dukungan dari semua pihak masih di perlukan untuk mendukung upaya pemerintah meningkatkan kualitas kesehatan bayi di Indonesia, sehingga mereka dapat tumbuh secara optimal.

Penelitian menunjukkan bahwa periode emas atau 1.000 hari pertama kehidupan adalah periode penting bagi bayi, dimana pertumbuhan yang diperoleh dalam periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya, sampai bayi beranjak dewasa. Tidak hanya nutrisi yang cukup, namun penting bagi bayi untuk mendapatkan afeksi melalui sentuhan ibu melalui ritual pijat dan mandi bayi.

Sejalan dengan target pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan bayi di Indonesia, JOHNSON’S sebagai salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak, kembali memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas hidup bayi melalui program Sentuhan Cinta. Program ini mendorong para ibu di Indonesia untuk terus mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya selama periode emas. Dalam menjalankan kampanye ini JOHNSON’S akan bekerja sama dengan Habitat for Humanity, Alfamart dan Shopee.

Untuk apa sih sebenarnya JOHNSON’S selalu terus menebar kebaikan dalam kampanye Sentuhan Cinta ini? JOHNSON’S ingin memperkenalkan Sentuhan Cinta ke masyarakat luas, terutama para ibu di Indonesia. Dan yang paling utama yaitu JOHNSON’S ingin meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya sentuhan cinta ibu melalui ritual pijat dan mandi bagi kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya dalam periode emas.

Apa aja sih manfaat dari pijat bayi ?

  1. Sentuhan yang dilakukan melalui ritual bayi akan membantu meningkatkan kesehatan psikologis bayi sehingga saluran pencernaan menjadi lancar dan makanan pun lebih dapat diserap dengan baik. Selain itu, juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas bayi dan juga kepadatan mineral tulang.
  2. Sikap orangtua juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan anak secara jangka panjang dan bagaimana nantinya anak mampu menghadapi tekanan. Sentuhan cinta berpengaruh terhadap sistem saraf – stimulasi sensorik selama pijat telah terbukti membantu otak bayi untuk berkembang dan bekerja lebih cepat.
  3. Pijat bayi dapat mengurangi kerewelan bayi dan meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan bayi. Bayi yang terbiasa dipijat, cenderung lebih mudah untuk bersosialisasi. Mereka cenderung melakukan kontak mata jika bertemu dengan orang lain, senyum dan berbicara dengan ramah.
  4. Ritual mandi dan pijat dengan menggunakan produk yang tepat untuk bayi adalah waktu ikatan yang tepat antara orang tua dan bayi. Hal tersebut juga dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur bayi.

Selesai sudah sesi acara Sentuhan Cinta bersama Johnson’s Baby. Terima Kasih banyak untuk JOHNSON’S Baby dan The Urban Mama untuk undangannya. Terima kasih karena selalu menyebarkan cinta untuk seluruh keluarga di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *