Harian Cetak

Hai!

Seneng banget deh coworking space Kolaborato lagi rame sama pekerja seni yang masih muda. Mereka mengadakan launching Harian Cetak. Harian Cetak itu maksudnya apa sih? Jadi Harian Cetak merupakan media bagi kalian yang punya karya seni grafis murni. Atau buat kalian yang mau tau informasi seputar seni grafis murni. Gimana caranya?

Gampang banget! Kalian cuma tinggal follow instagramnya @hariancetak dan tag hasil karya kalian. Bisa juga dengan menggunakan tanda pagar #hariancetak dan nanti hasil karya yang tadi kalian upload ke instagram kalian akan langsung di repost sama @hariancetak. Keren kaaaan?!

Apa sih Seni Grafis?

Saya juga bukan orang yang mengerti banget sama seni grafis. Sebatas penikmat seni dan melihat seni dari hasil karya dari orang orang seni yang menurut saya mereka itu hebat! Ayo deh kita cari tau bareng bareng ya apa sih definisi dari seni grafis itu sendiri. 

Definisi Seni Grafis menurut wikipedia

Seni grafis adalah cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak, biasanya di atas kertas. Kecuali pada teknik Monotype, prosesnya mampu menciptakan salinan karya yang sama dalam jumlah banyak, ini yang disebut dengan proses cetak.

Tiap salinan karya dikenal sebagai ‘impression‘. Lukisan atau drawing, di sisi lain, menciptakan karya seni orisinil yang unik. Cetakan diciptakan dari permukaan sebuah bahan, yang umum digunakan adalah: plat logam, biasanya tembaga atau seng untuk engraving atau etsa; batu digunakan untuk litografi; papan kayu untuk woodcut/cukil kayu. Masih banyak lagi bahan lain yang digunakan dalam karya seni ini.

Tiap-tiap hasil cetakan biasanya dianggap sebagai karya seni orisinil, bukan sebuah salinan. Karya-karya yang dicetak dari sebuah plat menciptakan sebuah edisi, pada masa seni rupa modern masing-masing karya ditandatangani dan diberi nomor untuk menandai bahwa karya tersebut adalah edisi terbatas.

Pameran seni grafis di Kolaborato waktu itu berlangsung selama lima hari. Seru banget acaranya. Dari 5 hari ada beberapa kegiatan karya seni yang bisa kalian datengin. Tinggal daftar aja kok. Dan saya sempet cobain workshop Cukil di Totebag bareng Keramik21. Saya pengen ceritain pengalaman saya membuat cukil di totebag yaaaa.

Pembukaan acara Launching Harian Cetak berlangsung pada pukul 7 malam, di buka dengan sambutan oleh mas Denis dari Harian Cetak. Ada sesi praktek bikin sablonan juga. Langsung aja deh kita liat foto foto acaranya.

 

 

Disini Mas Denis dan teman teman seninya sedang mengajarkan bagaimana membuat sablonan sederhana. 

 

 

 

Ikutan Workshop Cukil di Totebag!

Apa itu cukil? Hihihihi! Iya kita menggambar dulu sketsa gambar yang ingin kita cetak di totebag kita. Gimana caranya? Kita gambar memakai pensil pada permukaan linoleum (linocut) . 

Menurut Wikipedia,

“Linocut adalah teknik seni grafis, varian potongan kayu di mana selembar linoleum (terkadang dipasang pada balok kayu) digunakan untuk permukaan relief.  Lembaran linoleum bertinta dengan roller (brayer), dan kemudian terkesan ke kertas atau kain. “

Setelah saya duduk manis di kursi yang telah di sediakan oleh mereka, di meja juga sudah disiapkan lembaran linoleum, pensil dan penghapus serta alat cungkil. Saatnya saya memulai gambar nih, eh! tapi bingung juga mau bikin gambar apa, hahaha! Oke, sambil mikiiir gambar apa, akhirnya saya ambil keputusan buat gambar camera. karena saya punya hobby photography, jadi browsing google buat cari gambar camera, akhirnya nemu salah satu gambar camera polaroid.

Dengan melihat contoh gambar dari Google tadi, akhirnya selesai juga gambar sketsa camera polaroid saya, next step saya mulai mencungkil gambar tadi, harus hati hati mencukilnya karena alatnya tajam, kalau ga pengen tangan kita terluka, pelan pelan aja yaaaa.

sketsa awal

 

 

Setelah beres proses mencungkil seluruh gambar kita tadi, kita ke tahap selanjutnya yaitu tahap men-cat bagian gambar yang sudah di cukil tadi, lalu bagian yang di cat tadi kita posisikan dengan bagian depan totebag kita, bisa juga kita aplikasikan di baju atau kaos polos, setelah itu kita tekan keras, atau bisa di injak agar maksimal hasil penekanannya, pengerjaannya bisa di lakukan di lantai, jangan lupa kita lapisi dulu dengan koran yaa. Supaya catnya tidak mengotori lantai.

 

Peserta sedang menunggu hasil karya mereka

 

Dan akhirnya setelah menunggu beberapa saat hingga cat nya benar benar kering, jadi deeeh! Totebag bikinan saya tadi, yeay!

Senangnyaaaa punya totebag hasil karya sendiri. >,<

Ga lupa berfoto bersama seluruh peserta dan suhu cukilnya nih! @keramik21 

 

 

Ga lupa foto foto bareng orang orang yang jago bikin karya seni dan membernya Kolaborato tentunyaaa 

 

Ini dia beberapa kasil karya yang di pamerkan pada acara Launching Harian Cetak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gimana? Seru ya acara Harian Cetak ini. Bagus bagus juga hasil karya mereka. Harapan saya, semoga akan ada lagi acara atau pameran karya seni di kota Bogor ini. Karena selain melatih skill tentang seni yang kita punya, kita juga akan bertemu banyak temen baru yang punya visi dan misi yang sama tentang seni. Saling bertukar ide, saling memberi inspirasi dan saling memotivasi. 

Thank you harian cetak. Sukses selalu.

One Comment Add yours

  1. Elin says:

    Suka banget di acara ini ^^ nanti adain lagi yaa , pasti dateng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *