Serunya pameran seni teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives!

Hi kaliaaan!

Apa kabarnya? Semoga sehat selalu yaaa. Sekarang masih musim liburan panjang kan buat anak anak kita? Libur lebaran dan libur kenaikan kelas. Pasti udah banyak rencana cuti kantor biar gunain moment liburan bareng anak anak. Nah, buat yang bingung mau isi liburan kemana dan ga jauh jauh ni saya ada rekomendasi tempat liburan yang ga boleh kalian lewatkan.

Sebelumnya saya mau cerita banyaaaak ni tentang experience saya hari Selasa tanggal 18 Juni 2019 lalu! Seneng banget di undang acara blogger dan media di acaranya teamLab Future Park. Wohooo!

Pergi pagi pagi banget setelah antar Alya sekolah langsung lanjut ke stasiun kereta Bogor. Dengan perjalan yang di tempuh 1 jam lebih akhirnya sampe juga saya di lokasi dimana teamLab Future Park berada, yaitu di Gandaria City Mall Jakarta. Jam 10 acara di mulai, udah ga sabaaar rasanya pengen denger dan tau ada pameran seni apa siiih di dalem sana.

teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives yang merupakan pameran kelas dunia kini resmi dibuka! Pembukaan dilakukan oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia, Bapak Triawan Munaf , didampingi oleh CEO teamLab Kids, Akitae Matsumoto , CEO SGE Live, Mervi Sumali, dan CMO Narada Asset Management, N. Anie Puspitasari. ‘teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives’ dibuka untuk umum mulai 20 Juni 2019 hingga 20 Desember 2019 di Gandaria City.

Kiri-Kanan: MC, Mervi Sumali, Akitae Matsumoto dan N.Anie Puspitasari

teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives‘ merupakan pameran seni interaktif terbesar di Jakarta menggunakan teknologi digital yang mengusung konsep kreasi kolaborasi (co-creation). Konsep ini akan menghadirkan pengalaman kreatif dan memungkinkan pengunjung untuk berkolaborasi dan menciptakan karya seni baru.

Ada lima instalasi digital yang berbeda dihardirkan dalam pameran ini. Lima instalasi tersebut terdiri dari Animals of Flowers, Symbiotic Lives, Graffiti Nature: Lost, Immersed and Reborn, Sliding through the Fruit Field, Sketch Aquarium, dan Light Ball Orchestra.

CEO SGE Live, Mervi Sumali mengatakan, “Kami sangat bangga dapat menghadirkan teamLab ke Jakarta. Pameran seni semakin menjadi primadona di Indonesia, hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat yang sangat tinggi di setiap event seni di tanah air. Hadirnya teamLab di Jakarta, membuat pecinta seni tidak perlu jauh-jauh ke Tokyo ataupun Singapura untuk mengeksplorasi kreativitas tanpa batas bersama seluruh anggota keluarga melalui instalasi digital interaktif.”

Kiri-Kanan: MC, Mervi Sumali, Akitae Matsumoto dan N.Anie Puspitasari

Akitae Matsumoto, CEO teamLab Kids mengatakan, “Dengan teknologi digital yang digunakan oleh teamLab, beragam instalasi seni dapat berevolusi tanpa batas dan bergerak bebas, berinteraksi dengan pengunjung dan lingkungan sekitar sehingga menciptakan momen unik yang mengubah aktivitas kreatif individu menjadi aktivitas kreatif kolaboratif sehingga dapat memberikan pengalaman hubungan antar manusia yang harmonis dan kooperatif.”

N.ANie Puspitasari, Akitae Matsumoto dan Mervi Sumali,

Narada Asset Management sebagai Official Asset Management Partner, turut menyampaikan apresiasinya terhadap SGE Live yang telah berhasil menghadirkan ‘teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives‘. CMO Narada Asset Management, N.Anie Puspitasari mengatakan, “Narada sangat mendukung SGE Live yang selalu menghadirkan kegiatan edukatif dan seni untuk seluruh keluarga. Hal ini sejalan dengan semangat Narada sebagai life partner bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup, salah satunya kebutuhan rekreasi dimana perencanaan dan pengelolaan keuangan merupakan salah satu unsur penting dalam mewujudkan tujuan hidup.”

Yuk, udah ga sabar juga ni ada apa aja di dalemnya!

teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives‘ hadir di Gandaria City pada area seluas 2.000 meter persegi dan mempersembahkan 5 instalasi interaktif, yaitu:

  • Animals of Flowers, Symbiotic Lives

teamLab, 2017, Seni Digital Interaktif, Suara oleh Hideaki Takahashi.

Bunga-bunga tumbuh dari tubuh-tubuh binatang. Bunga-bunga bertunas, mekar, menyebar, dan menghilang, Ketika manusia menyentuh binatang, bunga-bunga akan menyebar. Ketika bunga sudah tersebar, maka binatang pun akan menghilang.

Pertama kali masuk, saya terkesima sekali dengan keindahan karya seni iniii! Seperti nyata dan berada dalam dunia mimpi, saya aja seneng banget, bagaimana anak anaaak!

Karya seni yang bergerak bebas, tumbuhan, binatang, mereka terbang, jalan, tertiup angin, terbawa air, berwarna warni indah.

Maunya berfoto teruuus. Hihihi!

  • Graffiti Nature: Lost, Immersed and Reborn

teamLab, 2018, Instalasi Digital Interaktif, Suara oleh Hideaki Takahashi.

Pengunjung akan terbenam dalam satu ekosistem seni yang berisi karya seni yang di gambar oleh pengunjung itu sendiri. Makhluk hidup makan dan dimakan oleh makhluk hidup lainnya, sehingga menciptakan satu ekosistem yang berkesinambungan. Pada saat ada binatang yang kita gambar memakan binatang lain, jumlahnya akan bertambah. Apabila ada binatang yang tidak makan atau dimakan oleh binatang lain, dia akan mati dan sirna.

Ketika pengunjung berdiri dan diam, maka bunga akan bermekaran di kaki pengunjung. Sebaliknya jika pengunjung berjalan, maka bunga tersebut akan ikut berpencar. Kupu-kupu akan berkumpul di tempat yang terdapat banyak bunga, dan buaya-buaya akan mati apabila terlalu sering diinjak.

Memasuki instalasi ruangan ini kita di beri kesempatan untuk menggambar hewan yang akan di scan lalu masuk ke ekosistem seni tersebut. Senengnyaaaa!

Yang saya suka dari instalasi Graffiti Nature ini yaitu ikan pausnyaaa. Biru, besar, berenang kesana kemari dengan kecepatannya, seperti menikmati berada di karya seni ini. Kita seperti berada di dalam laut bersamanya. Bunga bunga yang ketika saya sentuh terlalu banyak akan menyebar bagian per bagian. Indah sekali.

  • Sliding through the Fruit Field, Sketch Aquarium.

teamLab, 2016, Instalasi Digital Interaktif, Suara oleh teamLab.

Ini adalah tempat meluncur di mana buah-buahan bertumbuh. Berbagai jenis buah tumbuh di permukaan miring ini. Bola-bola juga memantul kesana kemari. Kita bertindak sebagai sinar matahari, dan meluncur menuruni lereng ini. Ketika tubuh kita bertabrakan dengan bola-bola, energi sinar matahari kita akan ter transfer ke bola-bola tersebut, sehingga mereka akan terpental ke berbagai arah.

Ketika bola-bola bertabrakan dengan buah, buah akan mulai bertumbuh. Setiap bola memiliki peran yang berbeda-beda, tergantung dari warnanya. Sebagai contoh, bola biru melambangkan air, sehingga ketika bola biru menyentuh benih, maka benih akan bertumbuh, bertunas, dan mekar. Ketika bola kuning bercorak madu menyentuh bunga, maka bunga akan diserbuki dan akan berbuah. Ketika buah terkena bola, benih baru ditaburkan, dan menghadirkan kehidupan yang baru.

Saat memasuki instalasi ini, kita harus melepas sepatu dan menaruhnya di rak sepatu, lalu kita menaiki tangga untuk sampai pada bagian atas, laluuu bersiap siap untuk meluncur layaknya menuruni perosotan di sekolah TK. Serunyaaaa. Saya sampai 5 kali menaiki instalasi ini. Hahaha!

Tampak dari bagian atas seluncuran
  • Sketch Aquarium.

teamLab, 2013, Instalasi Digital Interaktif, Suara oleh Hideaki Takahashi, teamLab.

Pengunjung di ajak utuk menggambar hewan laut sesuai imajinasi mereka dan akan di tampilkan di akuarium raksasa dimana hasil karya mereka menjadi hidup dan bisa berenang serta bereaksi terhadap sentuhan.

Naaaaah ini bagian yang saya suka juga. Karena waktu itu buru buru, jadi saya buru buru juga mewarnainya, karena sudah ga sabar pengen liat hasil mewarnainya menjadi bagian karya seni di lautan ini. Yeay!

Kita memilih gambar yang akan kita warnai. Saya memilih Jellyfish.
Juga disediakan crayon untuk kita warnai gambar makhluk hidup lautnya.
Selesai sudah Jellyfish dengan nama Hirzi dan Alya. Wohoo!
Setelah gambar di scan, dan Yeaaay! dia ada di dalam bagian ekosistem karya seninyaaa.
Berfoto bersama hasil karya, ga sabar buat di kasih lihat ke anak anak.
  • Light Ball Orchestra.

teamLab, 2013, Instalasi Interaktif, Suara oleh teamLab.

Gelindingkan bola-bola cahaya ini untuk mengubah warna dan suaranya, sehingga bola-bola ini akan membentuk sebuah orkestra! Bola-bola yang berada di atas kepala kita ini saling terhubung satu sama lain. Jika kita menyentuh satu bola, maka bola-bola disekitarnya akan terpengaruh, sehingga warnanya akan berubah ke seluruh ruang. Di dalam ruangan ini, kita dapat menggunakan tubuh kita untuk menyentuh bola-bola yang terdiri dari berbagai ukuran, agar dapat mengubah warna ruangan dan juga membentuk suatu alunan musik.

Ruangan yang penuh dengan warna, penuh dengan bola, di atas dan di bawah, dengan di lapisi cermin di sekeliling ruangan membuat ruangan ini seperti tiada batas ruang, penuh warna dan musik yang tak pernah berhenti berbunyi. Seperti anak kecil yang gembira, saya berlari mulai menyentuh bola satu demi satu sehingga menjadi alunan suara musik yang indah. Tidak lupa mulai melempar juga bola ke arah atas untuk melihat warna warni bola di atas kepala saya.

Tidak terasa 1 jam lebih saya berada di dalamnya. Rasanya tak sabar memberitahu anak anak di rumah dan ingin segera membawa mereka ke sini.

Untuk memberikan pengalaman yang optimal bagi pengunjung, ‘teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives‘ memiliki batas maksimum bagi pengunjung untuk setiap sesinya. Masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta sudah bisa membeli tiketnya untuk mengamankan tempat sesuai dengan waktu yang di inginkan.

Pembelian tiket teamLab Future Park dapat dilakukan dengan mengakses website www.sgelive.com untuk pembelian secara online dan ticket booth di Gandaria City yang sudah dimulai pada tanggal 20 Juni 2019.

Nah seru kan? Berapa sih harga tiketnya? Ini dia informasi lengkapnya saya kasih tau yaaa

  • Acara : teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives.
  • Tanggal : 20 Juni 2019 – 20 Desember 2019.
  • Lokasi : Gandaria City Jakarta, Lantai 2

Waktu Pameran

Pameran akan dibuka setiap hari pukul 10.00 pagi sampai dengan pukul 22.00 malam dan akan dibagi menjadi 8 sesi yang memiliki batas maksimum pengunjung. Ini dia 8 sesi waktu tersebut:

  1. 10.00 – 11.30
  2. 11.30 – 13.00
  3. 13.00 – 14.30
  4. 14.30 – 16.00
  5. 16.00 – 17.30
  6. 17.30 – 19.00
  7. 19.00 – 20.30
  8. 20.30 – 22.00

Harga Tiket

Fase 1 – Soft Opening (Periode : 20 Juni 2019 – 19 Juli 2019).

Bagi pembelian tiket fase pertama di khususkan bagi pengguna kartu debit atau kredit BCA dengan harga khusus. Untuk kategori anak anak (2-12 tahun) dan Kategori dewasa (13 tahun keatas) untuk Weekdays (Senin – Jumat) dengan harga Rp. 135.000 dan Weekend (Sabtu dan Minggu), hari libur Nasional, dan hari libur sekolah dengan harga Rp. 150.000

Harga tersebut di luar pajak 10% dan biaya administrasi ya. Untuk informasi mengenai pembelian tiket fase selanjutnya, silahkan kunjungi instagram @futureparkjakarta.

  • Mengenai teamLab

teamLab, berdiri tahun 2001, teamLab adalah sebuah kelompok seni kolektif, grup interdisipliner yang terdiri atas berbagai teknologi ultra yang melakukan kegiatan kolaboratif untuk memadukan seni, ilmu pengetahuan, teknologi, desain, dan alam. Terdiri dari berbagai spesialis seperti seniman, pembuat program, insinyur, animator, ahli matematika dan arsitek.

teamLab memiliki tujuan untuk mengeksporasi hubungan antara manusia dengan alam, dan hubungan manusia dengan dunia lewat karya seni. Teknologi digital telah membebaskan seni dari batasan fisik dan melampaui batas. teamLab percaya bahwa tidak ada batasan antara manusia dengan alam, dan antara manusia dengan dunianya. Satu dan yang lainnya saling terhubung. Segala sesuatu eksis di sebuah kehidupan yang panjang, rapuh, namun ajaib, dan berkesinambungan tanpa batas.

teamLab telah hadir di berbagai pameran di seluruh dunia seperti teamLab Dance! Art Exhibition and Learn and Play! teamLab Future Park (2014) yang di hadiri oleh lebih dari 470.000 pengunjung; Expo Milano 2015 Japan Pavilion, Milan; serta tempat tempat seperti Silicon Valley, London, Paris, Taiwan, New York, Cina dan Singapore.

teamLab juga membuka museum permanen, MORI Building DIGITAL ART MUSEUM : teamLab Borderless di Odaiba, Tokyo pada tahun 2018. teamLab Planets TOKYO di Toyosu juga masih dibuka sampai musim gugur 2020. Pameran teamLab yang masih berjalan teamLab: Universe of Water Particles in the Tank di TANK Shanghai Cina sampai 24 Agustus 2019.

Karya-karya teamLab berada dalam koleksi permanen Art Gallery of New South Wales, Sydney, Art Gallery of South Australia, Adelaide; Asian Art Museum, San Fransisco; Asia Society Museum, New York; Borusan Contemporary Art Collection, Istambul; National Gallery of Victoria, Melbourne, dan Amos Rex, Helsinki.

  • Mengenai Sorak Gemilang Entertainment (SGE)

Sorak Gemilang ENtertainment atau SGE didirikan pada tahun 2012 untuk mengembangkan dan menyelenggarakan pertunjukan panggung dan arena. Fokus mereka adalah memproduksi dan mempromosikan acara serta pertunjukan yang cocok untuk seluruh keluarga.

SGE telah menjalin hubungan kerja sama dengan banyak pemimpinn industri ternama dalam rangka menghadirkan pertunjukan bertaraf internasional. Kami juga memiliki visi untuk selalu menyelenggarakan pertunjukan, pameran dan aktivitas yang edukatif dan berkebudayaan guna memberikan dampak positif kepada seluruh keluarga dan anak-anak.

Sorak Gemilang Entertainment sempat menyukseskan beberapa acara Blockbuster di Indonesia seperti Hi5 House of Dreams (Australia Children’s Musical Group), David Ian – Andrew Lioyd Webber Production of The Sound of Music, One Day with Cesar Millan – The Dog Whisperer, Barbie LIVE! Musical Tour to Indonesia, Madagascar LIVE!, My Little Pony Musical dan MAMMA MIA! The Musical.

teamLab Future Park Gandaria City Mall

Naaaaah itu dia cerita saya mengunjungi ‘teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives‘ Selasa kemarin. Ayo mumpung liburan ajak anak anak dan keluarga melihat, bermain, dan merasakan karya seni dunia! Rasanya begitu bahagia satu jam setengah di dalam sana.

Semoga kalian ga bingung lagi yaaa, infonya udah jelas dan lengkap banget. Kalau masih bingung juga langsung aja dateng ke Gandaria City Jakarta lantai 2 yaaaaa.

Happy Holiday All!

Thank You teamLab Future Park!

10 Comments Add yours

  1. Aban says:

    Kereeeenn teeh, jg pgn cpet2 ksna ajak yuri riyu, klo bisa rame2 sekalian sm papa mama jg teh hehe hayuu!

    1. rina says:

      iyaaa bagus banget baaan, Excited, happy banget di dalem sanaaaa >,<

  2. Putri says:

    Satu kata, keren!!!
    Mau ksnaaaaa…
    Info nya lengkap, thx sist udah kasih pencerahan tmpat liburan seru buat ajak anak-anak kesini ..

    1. rina says:

      wohooo!
      Ayo kesanaaaa, jgn lupa daftarnya online aja biar enak fix waktunyaaa.

  3. Dian Indah syahbani says:

    Seruuu..anak2 suka bgt kesini, untung liat postingan Rina jd ga bingung minggu kmrn mau ajak anak2 kmn..

    1. rina says:

      yeaay! Senengnya bisa bermanfaat, sharing happiness! Jadi pengen kesana lagi yaaaa. 😀

  4. Vhe says:

    Resepp ihh bacanya seakan ikut nikmatin semua kegiatan ina,klanjutannya kudu Wajib merasakan langsung niiiih,jd ga sabar sm temen2 futu2,ehh anak2 jg deh makasih yah info na sangat jelas ,Lengkap dan menarik..

    1. rina says:

      Yeaaaaay! makasi vhee udah bacaaa. Iyaaa emang bener bener bagus banget di dalem sana, relax banget, bisa jadi anak kecil lagi, bisa ngerasain juga nyatu dengan alam. Ayooo kita kesana bareng bareng vhe! 😀

  5. astie says:

    Seruuuuuu bgt!! Kebayang hebohnya anak2 dibawa kesana, jd pgn buru2 ihhh, thk u ina review lengkapnya..❤️

    1. rina says:

      iyaaaa Tiiee, dulu udah pernah kan yaaa, yang sekarang lebih seruuu lebih baguus, pasti panji dan kaka Kenes sukaa deh kesana lagiii. Ayooo kita juga kesana yuk! hihihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *