Anti Boncos di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan..

Kita udah mulai puasa ni, apa aja sih yang ada di pikiran kalian kalau bulan Ramadhan dateng?

  • THR
  • Bukber
  • Masak apa untuk menu sahur dan menu buka puasa (ini lebih ke emak emak sih hahaha)
  • Persiapan Lebaran
  • Kue Lebaran
  • Baju Lebaran
  • Peralalatan Rumah Tangga baru biar kece (untuk beberapa emak emak yang selalu kebanjiran tamu atau open house hihihi)

Nah ayo ngakuuu pasti ada yang setuju juga kan sama point point saya di atas? Belum mulai Ramadhan aja kita udah ribet banget pasti sama urusan Bukber bareng temen Tk, temen SD, temen SMP, Temen SMA, kuliah, kantor ini, kantor itu, komunitas ini, komunitas itu dan lainnyaaaaa.

Yang tadinya mikir bakal iriiiit ni penghasilan bulanan buat lebaran, malah bakal jadi boros kalau isinya tiap hari buka puasa bareng di luar rumah terus. Haduuuh!

Hahahahaha!

Satu sisi saya sangat memahami banget sama keadaan kaya gini, kadang moment Ramadhan yang hadir setahun sekali ini kita bisa jadikan moment untuk saling memaafkan dan silaturahmi antar temen dan sahabat lama kita. Malah bisa di jadikan ajang reuni juga kan ya.

Tapiiii kita mesti inget, jangan sampai pas bulan suci selalu makan mewah di luar rumah, daaaan kita juga harus tau cara mengatur perencanaan dan manajemen keuangan selama bulan suci Ramadhan.

Nah, hari Kamis tanggal 2 Mei kemarin, saya di undang oleh The Urban Mama untuk hadir di acara yang di selenggarakan oleh HERO Group yang bertempat di Plaza Kuningan, Jakarta Selatan. Bersama dengan para media dan Blogger lainnya. Wah bakal seru ni acaranya!

 

Belanja Cerdas dan Hemat di Bulan Ramadhan bersama HERO Group.

“Ramadhan adalah momen istimewa yang selalu di tunggu oleh mayoritas keluarga Indonesia dan hal ini biasanya beriringan dengan peningkatan pola konsumsi masyarakat sehingga berdampak pada peningkatan pengeluaran yang berbeda dari bulan bulan biasanya. Memahami kebutuhan tersebut, HERO Group melalui empat unit bisnisnya : Hero Supermarket, Giant, Guardian dan IKEA menawarkan solusi belanja cerdas dan ekonomis yang dapat memberikan dampak signifikan bagi keuangan pelanggan,” Ungkap Wahyu Trikusumo, Direktur PT Hero Supermarket Tbk.

Menyambut bulan Ramadhan, PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group) menggelar talk show yang bertajuk “Anti Boncos di Bulan Ramadhan” . Acara yang dipandu oleh artis cantik Astrid Tiar ini menghadirkan Perencana Keuangan, Ligwina Hananto yang memberikan tips mengelola keuangan di bulan Ramadhan.

Menurut mbak Ligwina, memang ada perubahan perilaku kita pada saat bulan puasa yang menyebabkan pengeluaran kita polanya sedikit berubah. Pengeluaran itu ada 5 kategori, tapi ada 3 yang paling keliatan pada saat bulan puasa, yaitu:

  • Pengeluaran Rutin

Misalnya nih kita punya uang pegangan harian buat makan siang di kantor dan tranportasi, bakal kerasa karena kita ga makan, ga jajan kopi d kantor, nah pasti pengeluarannya bakal terasa turun karena merasa uang di dompet ga abis abis. Kalau postnya ngomongin yang memang rutin sehari hari. Tapi beda hal nya sama para ibu ibu di rumah bakal teriak nih, karena pengeluaran di rumah jadi lebih tinggi. Karena para ibu belanja lebih banyak karena ingin menyediakan yang lebih baik untuk buka puasa dan sahur. Bener kaaaan?

Jadi sebenernya sama aja, karena dana yang di pakai untuk harian berkurang, tapi dana untuk di rumah bertambah. 

  • Pengeluaran Lifestyle

Apa itu yang termasuk pengeluaran lifestyle? misalnya badai bukber tadi yang kita bahas di awal. Ini butuh pengeluaran tambahan, karena yang tadinya ga pernah makan di luar, jadi makan di luar. Yang tadinya cuma 2 kali seminggu makan di luar sekarang jadi sering banget. 

  • Pengeluaran Sosial

Biasanya pada bulan puasa semua orang akan cenderung ingin berbagi lebih banyak. Berlomba lomba ingin mendapat banyak pahala dan menolong sesama. Contohnya seperti sumbangan ke mesjid, menyiapkan buka puasa untuk anak yatim piatu, atau memberi lebih untuk mbak dan supir yang bekerja di rumah dan hal lainnya.

Naaah, itulah 3 post yang pasti akan bergerak sangat signifikan selama bulan puasa, jadiii kalau ga mau boncos di bulan puasa kita harus melakukan persiapan dan perencanaan keuangan. 

Bagaimana ni cara mengatur keuangan di bulan ramadhan dengan banyaknya pengeluaran? Truus, mbak Ligwina juga menyampaikan bahwa ternyata ada beda antara pengeluaran bulan puasa dengan pengeluaran di hari raya lebarannya. Ini sering kelewat dan sering bikin kita bingung. 

Kalau pengeluaran bulanan kita selama bulan puasa harusnya menggunakan penghasilan bulanan kita. Kalau kasus blogger blogger ni biasanya penghasilannya ga tetap kan? harusnya blogger punya hitungan pengeluaran bulanannya berapa. Kalau kita mau menggunakannya untuk keperluan hari raya mengunakan THR. 

Naaah langsung agak melek kan denger penjelasan dari ahli perencana keuangan kita mbak Ligwina.

GIANT dan HERO

Yuk lanjut. Kita sebagai ibu ibu yang menyiapkan menu sahur dan berbuka pasti bingung mengatur menu hariannya, dan juga bingung membeli dimana ni bahan bahan untuk memasaknya. Nah narasumber kali ini ada mbak Adinda perwakilan dari Giant dan HERO Supermarket.

Giant ada beberapa promosi selama bulan ramadhan ini. Ada Belanja Murah Bulan Berkah. Program ini adalah rangkaian promosi seperti potongan harga, beli banyak lebih murah, paket hemat yang Giant adakan selama bulan Ramadhan sampai tanggal 6 Juni. Promo promo itu ada di semua Giant di seluruh Indonesia.

Untuk tambahan dari promo itu, Giant mengulang lagi satu acara yang bernama Pasar Ramadhan Berlimpah Berkah. Dimana konsepnya adalah belanja minimal transaksi lalu bisa tebus harga murah produk produk tertentu. Dan produknya akan ganti ganti setiap minggu. 

Produk produk yang ganti tiap minggu itu bisa kita liat di instagram, facebook, dan di website. Yuk langsung follow dan pantau terus yaa mama mama!

Untuk Giant yang fresh nya juga, Giant juga fokus kepada ikon promonya adalah kurma. Dan ada juga namanya sensasi berbuka, yaitu dari makanan siap saji dengan menu menu baru dengan harga istimewa. Dan satu lagi dari fresh yaitu panen berlimpah semangka murah. Harga semangga Giant termurah saat ini yaitu di harga Rp 450 per 100 gram. Waaah! biar sehat terus ni bulan puasanya makan semangka! Makan buah dan sayur kan wajib yaaaa.

Lanjut ke HERO, ada program 30 days of discovery. Merupakan rangkaian promosi HERO dan produk yang premium. Termasuk ada barang import, organik, sayur dan lainnya. Karena HERO sendiri lebih ke lifestyle. Hero juga ga ketinggalan seperti Giant, Hero juga ada Pasar Ramadhan. Sama konsepnya dengan di Giant. Dari freshnya variant kurma nya yang premium akan lebih banyak assortmentnya. Serta tambahan dari bakery nya, seperti egg tart kurma! wah enak pastiii. Semoga dengan adanya promosi, pelanggan Giant dan Hero akan lebih bisa berhemat, dan anti boncos selama Ramadhan. 

Oh iya ada tambahan juga, HERO dan Giant juga menyediakan promosi dengan merchant merchant seperti bank dan GoPay. Ada kartu debit Mandiri 20% dengan fiesta point. 

Makin seru ni acaranya, udah mau belanja aja bawaannya. hahaha! Balik lagi ni akan di bahas oleh mbak Ligwina, Jadi niii ada 4 skill tentang keuangan yang mesti kita pelajari sejak kecil. Apa aja itu?

  1. Skill Menghasilkan Uang.
  2. Skill Berbelanja.
  3. Skill Berbagi.
  4. Skill Menabung. 

Dari kecil pasti yang di ajarkan yaitu skill menabung, bukan skill belanja kan. Ada yang di ajarin belanja dari kecil ga? Karena ngga semua anak dari kecil di ajarin belanja, dan hanya di ajarin nabung. Padahal saat anak sudah dewasa dan punya penghasilan, kalau ga tau cara berbelanja pasti ga akan bisa nabung juga awalnya.

Jadi kalau kita ngomongin tentang belanja, sebetulnya berbelanja itu adalah soal mengambil keputusan. Mitosnya adalah berbelanja yang baik adalah ambil yang paling murah. Berbelanja itu soal membeli. Pilihannya mau membeli kuantitas atau kualitas? Dan ini ga ada benar atau salah. Kalau lagi mau kuantitas kita cari promo, dan bisa beli lebih banyak. Tapi kalau kita mau cari kualitas, berarti kita harus memilih dari segi kualitasnya, contohnya tadi mau beli yang biasa, premium atau yang organik. Nah akan berbeda juga kan cara kita berbelanja. Yang paling penting sekarang, kita punya uangnya atau ngga. Bener juga sih. hihihi!

Kalau kita cuma mampu beli dua kenapa harus maksain beli 5? Mau promo banyaaak kita harus punya kendali pada diri kita sendiri. Justru seharusnya promo promo ini, kita gunakan agar bermanfaat. Jangan sampai promo promo tersebut bikin kita bingung. Intinyaaaa mari kita manfaatkan, karena promo promo tersebut bisa membuat kualitas lebih banyak atau kuantitas lebih banyak.

Kita harus pintar dan cermat, belanja sesuai dengan kebutuhan. Dengan adanya promo kita bisa merencanakan, wah di Giant ada promo apa, kalau di hero ada promo apa. Contohnya kurma, mau yang biasa ada juga d Giant, atau mau yang premium dengan berbagai macam assortment ada di Hero. Kita sebagai pembeli bisa memilih mau belanja dimana. Ini adalah belajar mengambil keputusan, jangan takut berbelanja, karena dengan berbelanja kita akan jadi tau berapa yang mau di tabung berapa yang harus di habiskan. Jadiiii jangan nabung terus, kita juga harus menikmati hasil kerja kita.

IKEA

Lanjut Narasumber berikutnya yaitu mbak Andin dari IKEA. Visi IKEA yang paling utama yaitu menciptakan kehidupan sehari hari yang lebih baik bagi banyak orang. Kalau belanja di IKEA ga usah khawatir, karena IKEA menjual produk dari yang paling kecil, seperti tissue, sikat botol, sampai yang besar seperti lemari, sofa dan banyak lainnya. Mau khilaf bisa, mau sesuai  kebutuhan juga bisa. Haduuuuuh. hahahaha!

IKEA memiliki pilar utama yaitu democratic design dalam membangun sebuah design, IKEA selalu memikirkan bentuk produknya seperti apa, fungsi produknya apa, kualitas produknya seperti apa dan keberlanjutan dari produknya juga. Dan yang paling penting yaitu harga IKEA terjangkau. 

Promo IKEA di bulan Ramadhan yaitu kitchen set method. Setiap pembelanjaan Rp 15 juta akan mendapatkan cash back Rp 1.500.000. Promo yang lainnya masih di rahasiakan ni, yang pasti selalu ada promo di IKEA. Jadi mama mama mesti pantau terus website IKEA nya ya. Bukan cuma bisa dapet informasi, tapi bisa belanja online dan ada banyak inspirasi tentang cara mengatur isi rumah juga. 

Promo lainnya dari IKEA yaitu, promo pengiriman ke rumah. Untuk di pulau Jawa, barang dengan berat nol sampai 5 Kg pengiriman hanya dengan harga Rp 24.900. Khusus Jabodetabek, Bandung dan Surabaya, bila belanja hinga beratnya 150 Kg hanya bayar pengiriman sebesar Rp 99.000 . Yuk belanja online jadi bisa rasain promonya juga walau tidak sempat dateng ke IKEA nya. 

GUARDIAN

Narasumber terakhir  yaitu dari Guardian. Guardian itu sendiri adalah health and beauty store, kadang kadang orang Indonesia kebanyakan menyebut Guardian sebagai drug store. Padahal di Guardian ga hanya obat obatan,  health dan beauty juga ada. Beauty nya bahkan ada skincare, make-up dan health care. Guardian juga merupakan pelopor toko modern untuk health and beauty di Indonesia. Guardian sudah ada di Indonesia selama 28 tahun. Dan sudah tersebar per bulan Maret kemarin sebanyak 273 gerai di Indonesia. Dan sebagai pelopor gerai kesehatan dan kecantikan tentu komitmen Guardian itu yang nomor 1 adalah menghadirkan inspirasi cantik dan sehat untuk semua perempuan di Indonesia. 

Inspirasi cantik dan sehat Guardian selama Ramadhan yaitu menjaga kondisi. Jika memasuki bulan ramadhan, pola hidup akan sedikit berubah, pola makan berubah, pola tidur juga pasti terpengaruh, akibatnya tubuh harus sedikit beradaptasi terhadap perubahan tersebut. Maka itu kita mesti menyiapkan Vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Di Guardian ada banyak promo khusus vitamin nih.

Di katalog dan instagram @guardian_id, banyak inspirasi sehat baik tips atau produknya. Ada tips tampil cantik dengan praktis. Banyak juga produk produk kecantikan halal yang di promokan Guardian selama bulan suci Ramadhan ini. Cussss ke Guardian kita belanja!

Ayo kita bahas lagi dari segi keuangan oleh mbak Ligwina. Kebutuhan kita sekarang beda ddengan jaman dulu, sekarang ada Sandang, Pangan, Papan dan Lifestyle. Hubungannya apa ni? Jadi dari semua promo yang tadi di share oleh Giant, Hero, IKEA dan Guardian, kita menyiapkan bulan puasa dan lebaran itu menjadi lengkap. Giant dan Hero untuk yang Primer karena tentang bahan makanan sahur dan bulan puasa serta menu lebaran. IKEA lebih ke tersier dan memang sudah menjadi primer juga bagi sebagian orang, contohnya lebaran niat ganti sofa, alat alat dapur dan perlatan rumah tangga lainnya. Lalu untuk urusan skincare dan kecantikan juga sekarang bukan tersier lagi, malah bisa jadi primer. 

Jadi sekaraaang harus mulai di atur keuangannya, di atur pengeluarannya. Sediain uangnya, sediakan postnya, yang paling penting kita harus tau mana yang memang akan keluar untuk bulanan , atau keluar untuk tahunan. Uang post THR yaitu untuk membeli paket lebaran atau hantaran lebaran. Kalau belanja untuk buka puasa ambil dari pengeluaran rutin bulanan. Untuk pengeluaran bongkar rumah, skincare, vitamin tambahan, coba di pikir lagi, itu akan masuk pengeluaran rutin atau lifestyle?

Kalau mbak Ligwina punya solusi ni buat mama mama, dia punya “Magical Shopping Account” . Apa itu? Jadi kita mesti punya tabungan yang automatic debit yang setiap bulan mengambil sejumlah dana dari rekening gaji kita ke rekening shopping tadi. Misal setiap bulan debit Rp 500.000 . Jadi pas lagi ada promo di tengah taun kita punya tabungan shopping tadi untuk belanja.  Daaan inget juga, pas tabungan shopping tadi udah kosong, kita harus tahan belanja lagi walaupun banyak promo di luaran sana. Sampai tabungan tadi terisi lagi kita harus bisa menahan keinginan belanja yaaa.

Shopping itu kalau di larang biasanya orang akan melanggar. Yang ada pelanggarannya seperti utang kartu kredit, atau malah cari cari pinjaman utang. Maka dari ituuu kita sediain uangnya, kalau kita memang pengen bisa memanfaatkan banyak promo, kita siapkan uangnya dengan cara kita buat satu rekening, pas ketika mau belanja uangnya juga ada.

Waaah dapet banget ya ilmu nyaaaa. Biar ga bonco saat bulan puasa!

Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri sendiri membutuhkan banyak persiapan dan tentu saja memberi dampak pengeluaran yang tidak sedikit, di tambah lagi untuk pos pos yang tidak terduga. Untuk itulah empat unit bisnis HERO Group memberikan berbagai penawaran menarik bagi pelanggan, diantaranya :

  • HERO Supermarket

Mengusung program Pasar Ramadhan 30 days of discovery, yang merupakan program promosi dengan minimum pembelanjaan Rp. 300.000 berhak untuk melakukan pembelian produk yang sudah di tentukan dengan harga spesial. Selain itu terdapat program promosi Tematik 30 Days of Discovery selama periode Ramadhan yaitu dari tanggal 29 April – 6 Juni 2019 dengan menghadirkan ribuan produk berkualitas dengan merk terbaik. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap silahkan kunjungi website www.Herosupermarket.co.id

Promo HERO Supermarket selama bulan suci Ramadhan
  • Giant

Menawarkan ribuan produk dengan harga terjangkau melalui program Belanja Murah Bulan Berkah, serta Pasar Ramadhan Berlimpah Berkah dan Santap Segera Saat Berbuka dimana Giant menghadirkan menu menu baru dari kategori makanan siap saji dengan sajian yang menggugah selera dan harga yang murah. Untuk informasi lebih lengkap silahkan kunjungi website www.giant.co.id 

Promo Giant selama bulan suci Ramadhan
  • Guardian

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan merawat kecantikan selama Ramadhan, Guardian menghadirkan berbagai inspirasi menarik melalui program Fit dan Cantik selama Ramadhan. Ada ratusan produk dengan diskon spesial sampai 30% dan berbagai tips untuk menjaga tubuh tetap fit dan cantik selama Ramadhan. Promo akan berlangsung pada periode 25 April – 22 Mei 2019. Selain itu ada juga promo +1000, dimana pelanggan cukup menambahkan Rp 1000 dan menempatkan produk kedua secara gratis untuk ratusan produk favorit. Untuk info dan penawaran lengkapnya, ikuti instagram @Guardian_id

Guardian
  • IKEA

Untuk menyempurnakan perabot rumah tangga di bulan Ramadhan, IKEA memberikan penawaran terbatas untuk pembelian wajan IDENTISK dari harga Rp 499.000 menjadi Rp 399.200 dari tanggal 26 April – 5 Mei 2019. Tidak hanya itu, dapatkan Gift voucher IKEA senilai Rp 1.500.000 untuk setiap pembelian METOD Kitchen dengan minimum pembelian Rp 15 Juta dan kelipatan Rp 5 Juta selama periode 25 April – 26 Mei 2019 dan akan banyak penawaran menarik lainnya selama bulan Ramadhan yang akan selalu di update melalui website www.IKEA.co.id

Pembelanjaan IKEA Rp 15 jt mendapat Cashback Rp 1.500.000
Promo untuk pengiriman barang IKEA online

“Kami harap melalui acara ini para peserta dapat meningkatkan pengetahuan cara mengelola keuangan yang cerdas dan tepat di bulan Ramadhan, dan jangan lewatkan berbaai penawaran menarik dari Hero Supermarket, Giant, Guardian dan IKEA dengan harga yang bersahabat. Kami ucapkan selamat beribadah puasa di bulan Ramadhan penuh berkah bagi yang menjalankan”   tutup Hadrianus Wahyu Trikusumo 

Wah banyak banget ya ilmu yang di dapat, bagaimana cara mngatur dan mengelola keuangan agar tidak boros saat bulan Ramadhan. Lebaran kan selalu ada setiap tahunnya, kita harusnya banyak belajar dari tahun tahun sebelumnya. Tahun ini semoga lebih baik yaaaa. Jadi masih banyak sisa budgetnya buat nabung.

Terima kasih banyak untuk Hero Group, Hero, Giant, Guardian, IKEA dan tentu saja The Urban Mama yang telah memberi saya kesempatan untuk bisa hadir di acara ini. Yeaay!

Makasiii buat yang udah baca. Sampai ketemu lagi di tulisan lainnya!

Berfoto bersama

Foto bersama Hero Group, Blogger dan Media

Yeay dapet voucher dari HERO Group

Terima Kasih HERO Group

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *