Johnson’s Sentuhan Cinta

Siapa sih yang ga kenal dengan produk Johnson’s? Produk perawatan bayi dan balita pilihan para ibu. Nah, hari Selasa tanggal 5 Juni 2018 kemarin, The Urban Mama bersama Johnson’s mengadakan temu komunitas dengan tema Johnson’s Sentuhan Cinta . Bertempat di Gudang gudang yoga studio, jalan kemang timur no 88 Jakarta. Tempat yang cocok untuk event ibu bersama anak, karena ambience nya nyaman dan hangat bagi bayi dan anak anak. Duh, udah ga sabar ni denger materinya.

Gudang Gudang Yoga Studio. (Dok. The Urban Mama)

Semua mama pasti udah tau pentingnya memijat bayi, bukan hanya membuat bayi nyaman tetapi dengan memijat bayi, mama dan baby akan memiliki bonding yang erat dari sentuhan sentuhan pijat tersebut. Bukan hal yang ga asing juga ni, di masyarakat kita masih ada beberapa yang mempercayakan bayi atau balitanya di pijat oleh orang lain. Padahal pijatan bayi yang efektif dan penuh cinta pasti bisa di dapat dari orangtuanya sendiri. Dari memijat bayi juga kita dapat melihat mata bayi, mengobrol dengan bayi, bersenandung lagu bersama bayi, dan banyak hal positif lainnya.

Acara Johnson’s dan The Urban Mama kali ini di buka oleh seorang MC cantik yang sedang hamil anak ketiganya yaitu mbak Ciska Becker.Wah saya iri banget deh sama badannya yang tetap cantik mempesona di kehamilannya. Eh jadi melenceng dari topik, Hihihi! Lanjut yuk. Setelah itu sambutan oleh Ibu Wynne, Brand Manager dari Johnson’s Baby. Beliau menyampaikan bahwa Lebih dari 70.000 bayi Indonesia tidak bertahan lebih dari 28 hari. Bagaimana jika ternyata memijat bayi bisa membantu menyelamatkan bayi lainnya. Johnson’s membantu para ibu di Indonesia untuk mewujudkan harapan mereka dengan Sentuhan Cinta. Pijat bayi dapat memperlancar peredaran darah dan memperkuat daya tahan tubuh bayi untuk mendukung dia bertahan melewati 28 hari pertamanya.

Ibu Wynne, Brand Manager dari Johnson’s Baby

Acara dilanjutkan ke sesi materi oleh Dr. Matahari Harumdini, Sp. A . Materinya bagus ni, yuk kita simak. Ada stimulasi indera sejak dini dan manfaatnya. Pijat bayi ada hubungannya dengan stimulasi itu. Yang pertama yaitu Bonding atau ikatan. Dari sejak hamil sudah ada bonding antara ibu dengan bayi. Dari sejak bayi dilahirkan, ia akan menggunakan inderanya untuk melanjutkan bonding yang dimulai dari kandungan. Ikatan dari darahnya, yaitu plasenta. Dan hormon hormon stress pada ibu juga mengalir ke bayi. Beliau menjelaskan bahwa ada penelitian tentang pengaruh hormon saat ibu hamil happy maka anaknya nanti pas lahir juga akan happy. Jika ibunya pas pada saat hamil stress atau sedih, maka bayi juga akan merasakan hal yang sama. Maka dari itu, mama semua harus bahagia ya demi anak anaknya.

Yang kedua yaitu perkembangan fisik, dimana saat indera penglihatan bayi berkembang, ia akan belajar mengenai koordinasi mata dan tangan termasuk memegang dan meraih objek. Saat bayi mulai belajar bergerak, selain melatih keahlian mobilitasnya, akan ada banyak stimulasi multi sensori yang terjadi pada dirinya.

Stimulasi itu sendiri yaitu multi sensori yang mencakup penglihatan, penciuman, perabaan, pendengaran, pengecap dan keseimbangan. Lalu kapan sih kita berinteraksi dengan bayi? Interaksi dapat dilakukan kapan saja dan setiap saat, seperti saat mandi, makan, main, persiapan tidur dan pada saat sentuhan atau stimulasi pijat. Stimulasi pijat harus dengan suasana yang menyenangkan dan penuh kasih sayang. Bukan stimulasi yang memaksa maksa hingga bayi merasa tidak nyaman dan akhirnya menangis.

Pada saat memandikan bayi, menurut penelitian ilmiah membuktikan bahwa rutinitas mandi yang dilakukan secara stimulasi multi sensori akan memberikan manfaat berupa :

  1. Berkurangnya tangisan dan stress bayi.
  2. Pertambahan berat badan.
  3. Terbentuknya kemampuan komunikasi bayi.
  4. Memperbaiki kuantitas dan kualitas tidur.

Infant Massage atau Stimulasi Pijat Bayi memberikan manfaat fisik dan emosional bagi bayi. Apa aja itu?

A. Manfaat Fisik.

  1. Membantu pengaturan sistem pencernaan dan penyerapan.
  2. Membantu melancarkan sistem peredaran darah.
  3. Membantu melancarkan sistem sirkulasi pernafasan.
  4. Membantu meningkatkan berat badan sehingga bayi akan tumbuh sehat.
  5. Membantu meningkatkan sistem immunitas.
  6. Meningkatkan kualitas tidur dan memperlama masa tidur, sehingga bayi akan tidur lebih lelap dan lama yang akan memicu perkembangan memori bayi.

B. Manfaat Emosional

  1. Membuat ikatan atau bonding dengan ibu atau orangtua.
  2. Lebih mudah bersosialisasi. Contohnya berupaya menjangkau, tersenyum dan kontak mata.
  3. Membantu meredakan ketidaknyamanan seperti kolik atau tumbuh gigi.
  4. Menurunkan produksi hormon stres yang akan membuat bayi selalu riang.
  5. Mengurangi rewel.
  6. Membantu bayi untuk berlatih relaksasi.
Dr. Matahari Harumdini, Sp. A .

Jadi begitu lahir, bayi belajar lingkungan sekitarnya melalui indra sensorinya. Mandi dan Pijat Bayi akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sirkulasi darah, memperbaiki kesehatan keseluruhan untuk menyelamatkan hidup bayi yang berharga, terutama 28 hari kehidupan.

Berikut adalah tips dalam memastikan agar tumbuh kembang anak lebih optimal.

A. Untuk bayi : sehat, nyaman dan happy. 

  1. Sehat. Dari sejak bayi dilahirkan ia akan menggunakan inderanya untuk melanjutkan bonding yang dimulai dari kandungan.
  2. Kebersihan. Mencakup kebersihan peralatan yang digunakan seperti alat makan dan mainan serta barang yang menempel di kulit bayi seperti baju dan handuk.
  3. Happy. Kebutuhan akan kasih sayang dan keamanan bayi.

B. Hindari

Pastikan jangan membuat bayi tidak nyaman oleh hal hal sepele seperti:

  1. Wewangian atau bebauan yang tajam, baik peralatan ibu maupun peralatan untuk bayi.
  2. Suhu ekstrim.
  3. Tekstur kasar.
  4. Suara keras atau kasar.
  5. Cahaya yang terlalu terang atau silau.
Dr. Matahari Harumdini, Sp. A

Selanjutnya yaitu sesi yang paling di tunggu tunggu yaitu sesi memijat bayi, yang akan di praktekan langsung oleh ibu Ina. Sebelumnya beliau menjelaskan teknik pijat bayi. Yaitu:

  1. Pijatan Wajah.
  2. Pijatan Dada.
  3. Pijatan Perut.
  4. Pijatan Tangan.
  5. Pijatan Kaki.
  6. Pijatan Punggung.

Yuk kita mulai!

  1. Pijatan Wajah.

    1. Caress Love yaitu sentuhan cinta. Gerakan mengusap dengan rasa sayang dimulai dari garis tengah wajah ke arah samping. Gerakan ini menggunakan telapak tangan di ulang sebanyak 6 kali dengan itungan masing masing 8.
    2. Relax yaitu pijatan daerah alis. Pijat daerah di atas alis dari tengah ke samping menggunakan kedua ibu jari.
    3. Circle Down yaitu Pijatan memutar membentuk lingkaran. Pijat mulai dari kedua sudut mata bagian dalam turun melewati pangkal hidung sampai tulang pipi, dengan gerakan memutar perlahan menggunakan ibu jari atau jari telunjuk.
    4. Smile yaitu Senyuman. Pijat di atas mulut bayi menggunakan ibu jari dari jari tengah ke samping kemudian ke arah pipi seperti senyuman bayi. Lalu pijat di atas dagu mulai dari tengah ke samping menuju ke arah pipi seolah membuat bayi tersenyum.
    5. Cute yaitu Pijatan daerah belakang telinga. Akhiri pijatan wajah dengan gerakan lingkaran kecil mulai dari daerah di bawah telinga menuju dagu dengan menggunakan tiga jari.
  2. Pijatan Dada

    1. Butterfly yaitu Pijatan kupu – kupu. Letakkan kedua telapak tangan di tengah dada bayi. Lalu gerakkan kedua telapak tangan ke atas sampai sampai di bawah leher kemudian ke samping, ke bawah, dan kempali ke tengah tanpa mengangkat tangan, menyerupai sayap kupu-kupu. Tidak boleh menekan ulu hati ya mam. Patokannya dua jari di atas ulu hati.
    2. Cross yaitu Pijatan menyilang. Letakkan kedua telapak tangan di kedua sudut tulang rusuk terbawah. Lalu pijat menyilang dengan telapak tangan dari pinggang ke arah bahu dan sebaliknya, bergantian kanan dan kiri. Tidak mengangkat kedua tangan kita ya mom, jadi bergantian.
  3. Pijatan Perut.

    1. Mengayuh. Letakkan telapak tangan kanan di bawah tulang iga dan hati. Gerakkan telapak tangan kanan ke bawah dengan tekanan lembut sampai di bawah pusar. Lalu ulang dengan telapak tangan kiri secara bergantian beberapa kali. Itungan tangan kanan 4 hitungan, kiri 4 hitungan, jadi total hitungan tetap 8. di ulangi sebanyak 6 kali.
    2. Bulan Matahari. Pijat dengan telapak tangan kanan, mulai dari perut kanan bawah bayi ke atas menuju ke perut kiri bawah bayi searah jarum jam atau gerakan bulan. Lanjutkan pijatan dengan tangan kiri dengan gerakan berputar mulai perut sebelah kanan bawah bayi ke atas mengikuti arah jarum jam membentuk lingkaran penuh atau gerakan matahari. Gerakan ini dilakukan tidak terputus. Patokannya adalah tangan kiri kita memutar terus, tangan kanan hanya setengah lingkaran. Hitungan tetap 8 kali di ulang sebanyak 6 kali.
    3. I LOVE YOU.
      1. I – Pijat dengan tiga ujung jari tangan, dari perut kiri atas bayi lurus ke bawah seperti membentuk huruf I.
      2.  LOVE – Pijat dengan tiga ujung jari tangan, dari kanan atas ke kiri atas perut bayi, kemudian ke bawah membentuk huruf L terbalik.
      3. YOU – pijat dengan tiga ujung jari tangan dari perut kanan ke bawah ke atas kemudian ke perut kiri atas menuju ke bawah membentuk huruf U terbalik.
    4. Walking Fingers yaitu pijatan jari jari berjalan. Tekan seluruh bagian dinding perut dengan ujung jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis bergantian berjalan dari sebelah kanan ke ke kiri bayi untuk mengeluarkan gelembung udara. Pijat bayi tidak boleh terlalu tekan atau terlalu pelan, sehingga bayi akan kegelian jika terlalu pelan. Jika terlalu tekan bayi akan menangis. Maka dari itu kita harus melihat bayinya ya mam, sambil mengobrol juga.
    5. Relax yaitu gerakan relaksasi. Akhiri pijatan perut dengan mengangkat dan menekuk kedua kaki bayi hingga bagian paha menyentuh perut kemudian menekan perlahan ke arah perut. Jangan memaksakan jika baru pertama kali bayi di pijat. Biasanya awal awal pijat paha hanya bisa sampai setengah tekukan, jika sudah sering di pijat akan bisa sampai perut.
  4. Pijatan Tangan.

    1. Milking yaitu pijatan memerah.
      1. Milking India (Perahan India). Pegang lengan bayi dengan kedua telapak tangan seperti memegang memukul softball yaitu tangan kanan menggenggam lengan atas, tangan kiri menggenggam lengan bawah. Hitungan tetap 8 dibagi 4-4 sebanyak 6 kali. Tetap gunakan oil atau baby lotion dari Johnson’s ya mama sehingga bayi merasa licin dan tidak sakit. ^^
      2. Milking Swedia (Perahan Swedia). Lakukan gerakan kebalikan dari Perahan India. Gerakan dilakukan dari pergelangan tangan ke pangkal lengan. Lakukan hal yang sama untuk tangan sebelahnya ya mama.
    2. Rolling yaitu pijatan menggulung. Gunakan kedua telapak tangan untuk membuat gerakan seperti menggulung mulai dari pangkal lengan menuju pergelangan tangan. Memutar mutar dari atas ke pergelangan sebanyak 8 hitungan ulang 6 kali untuk tangan kanan dan kiri.
    3. Squeezing yaitu pijatan memeras. Lakukan gerakan memutar dan memeras dengan lembut dari pangkal lengan ke pergelangan tangan dengan kedua tangan. Lakukan gerakan tersebut pada tangan kanan dan kiri bayi. Hitungan 8 kali sebanyak 6 kali. Jangan terlalu keras yaaa.
    4. Thumb after thumb yaitu Pijatan telapak dan punggung tangan. Pijat seluruh permukaan telapak tangan mulai dari pergelangan tangan ke arah jari – jari menggunakan kedua ibu jari. Lalu pijat seluruh permukaan punggung tangan mulai dari pergelangan tangan ke arah jari – jari menggunakan kedua ibu jari. Pijatan ini sangat bagus untuk bayi yang baru lahir, karena bayi jangan sering mengepalkan jarinya terus. Hitungan 8 kali.
    5. Spiral yaitu pijatan memutar pada telapak dan punggung tangan. Pijat seluruh permukaan telapak tangan mulai dari pergelangan tangan menuju pangkal jari dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari. Lalu pijat seluruh permukaan punggung tangan mulai dari pergelangan tangan menuju pangkal jari dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari.
    6. Finger Shake yaitu pijatan pada jari. Goyang dan tarik lembut setiap jari tangan bayi. Jangan di tarik kencang hanya di putar sambil agak d tarik, ritme sama 8 ketukan sebanyak 6 kali untuk kiri dan kanan.
    7. Relax yaitu gerakan relaksasi. Dibagi menjadi 2, yaitu
      1. Tangan disilangkan. Pegang pergelangan tangan bayi dan silangkan keduanya di dada. Luruskan kembali kedua tangan bayi ke samping, ulang gerakan ini beberapa kali. Tangan kanan di atas tangan kiri lalu sebaliknya, lakukan sebanyak 6 kali.
      2. Diagonal tangan – kaki. Permukaan ujung kaki kanan dan ujung tangan kiri bayi di atas tubuh bayi sehingga membentuk garis diagonal. Tarik kembali kaki kanan dan tangan kiri bayi ke posisi semula. Pertemukan ujung kaki kiri dan ujung tangan kanan bayi di atas tubuh bayi sehingga membentuk garis diagonal. Tarik kembali kaki kiri dan tangan kanan bayi ke posisi semula. Lakukan gerakan ini secara bergantian dan berulang – ulang.
  5. Pijatan Kaki.

    1. Milking yaitu Pijatan memerah.
      1. Milking India yaitu Perahan India. Pegang tungkai bayi dengan kedua telapak tangan seperti memegang pemukul softball (tangan kanan menggenggam tungkai atas, tangan kiri menggenggam tungkai bawah). Lalu buat gerakan seperti memerah dengan menggerakkan tangan kanan dan kiri ke bawah dari pangkal paha ke tumit secara bergantian dan berulang – ulang.
      2. Milking Swedia yaitu Perahan Swedia. Lakukan gerakan kebalikan dari Perahan India. Gerakan dilakukan dari pergelangan kaki ke pangkal paha. Lakukan gerakan ini pada kaki kanan dan kiri bayi. sebanyak 6 kali 8 hitungan. Sebenarnya pijatan untuk kaki tahapannya sama seperti pijatan pada tangan.
    2. Squeezing yaitu pijatan memeras. Lakukan gerakan memutar dan memeras dengan lembut dari pangkal paha ke pergelangan kaki dengan kedua tangan.. Lakukan 8 hitungan untuk kaki kanan dan kiri sebanyak 6 kali.
    3. Thumb after thumb yaitu Pijatan Telapak dan Punggung Kaki. Pijat seluruh permukaan telapak kaki mulai dari tumit ke arah jari – jari menggunakan kedua ibu jari. Lalu pijat seluruh permukaan punggung kaki mulai dari tumit ke arah jari – jari menggunakan kedua ibu jari.
    4. Spiral yaitu Pijatan memutar pada telapak dan punggung kaki. Pijat seluruh permukaan telapak kaki mulai dari pergelangan kaki menuju pangkal jari dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari. Lalu pijat seluruh permukaan punggung kaki mulai dari pergelangan kaki menuju pangkal jari dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari.
    5. Finger Shake yaitu Pijatan pada Jari. Goyang dan tarik lembut setiap jari kaki bayi. Lakukan gerakan teknik ini pada kaki kanan maupun kiri bayi, masing masing sebanyak 6 kali dan setiap gerakan lakukan dalam waktu 8 hitungan.
    6. Relax yaitu gerakan relaksasi. Dibagi menjadi 2 bagian yaitu:
      1. Menyilangkan Kaki. Pegang kedua pergelangan kaki bayi. Silangkan ke atas, sehingga mata kaki kanan luar bertemu mata kaki kiri dalam. Kembalikan posisi kaki pada posisi semula. Lalu pegang kedua pergelangan kaki bayi. Silangkan ke atas, sehingga mata kaki kanan dalam bertemu mata kaki kiri luar. Kembalikan posisi kaki pada posisi semula. Gerakan ini dilakukan bergantian dan berulang – ulang.
      2. Menekuk Kaki Bergantian. Pegang pergelangan kaki kanan dalam posisi kaki lurus, kemudian tekuk kaki kanan perlahan ke arah perut. Lakukan gerakkan yang sama pada kaki kiri, ulang secara bergantian beberapa kali.
  6. Pijatan Punggung

    1. Go Back Forward yaitu pijatan maju mundur. Tengkurapkan bayi melintang di depan pemijat, dengan kepala di sebelah kiri dan kaki di sebelah kanan pemijat. Posisi telapak tangan tegak lurus terhadap tulang punggung bayi. Lakukan gerakan maju mundur menggunakan telapak tangan di sepanjang punggung,  dari leher sampai ke bokong bayi. Jika ingin di posisi pangkuan ibu boleh, perhatikan pernafasan bayi yang utama.
    2. Slip yaitu Pijatan Meluncur. Posisi telapak tangan tegak lurus terhadap tulang punggung bayi. Gerakan telapak tangan lurus dari atas ke bawah, dari leher sampai bokong.
    3. Mengayuh. Letakkan telapak tangan kanan tegak lurus terhadap tulang belakang. Gerakkan telapak tangan kanan ke bawah dengan tekanan lembut sampai bokong. Ulang dengan telapak tangan kiri secara bergantian beberapa kali.
    4. Spiral yaitu Pijatan Melingkar. Buat gerakan melingkar kecil di sepanjang otot punggung, mulai dari bahu sampai bokong sebelah kiri dan kanan dengan menggunakan tiga jari. Lakukan gerakan teknik ini pada kaki kanan maupun kiri bayi, masing masing sebanyak 6 kali dan setiap gerakan lakukan dalam waktu 8 hitungan.
    5. Menggaruk. Akhiri pijatan punggung dengan membuat beberapa kali belaian memanjang dari leher memuju bokong dengan menggunakan ujung – ujung jari. Lakukan sebanyak 6 kali.

Nah itu dia langkah langkah pijat bayi dari Johnson’s baby bersama ibu Ina. Ingat ya mam, pijat bayi harus dalam keadaan bayi sehat. Pijat bayi dapat dilakukan 2 kali sehari di usia 6 bulan. Lamanya pemijatan 15 sampai 20 menit sesuai kebutuhan. Jangan lupa pakai baby oil atau baby lotion dari johnson’s baby yah.

Ada beberapa hal yang harus dihindari dalam simulasi pijat yaitu jangan memijat bayi pada saat dia sedang lapar, baru selesai makan atau minum. Jangan membangunkan bayi yang sedang tidur hanya untuk melakukan pijat bayi. Jangan memaksakan posisi tertentu pada bayi pada saat pemijatan. Jangan memijat bayi dengan kuku yang panjang dan menggunakan perhiasan di tangan dan jari mama ya.

Sebelum melakukan pijat bayi juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu Cuci tangan kita hingga bersih, sediakan alas pijat yang rata dan bersih. Pilih ruangan yang hangat, yang nyaman dan tidak berangin untuk bayi. Mama juga bisa mengajak bayi mengobrol, atau mendengarkan musik yang lembut. Dan satu hal penting lagi yaitu semua gerakan pijat bayi tadi dapat kita hentikan jika bayi merasa tidak nyaman.

Salah satu foto pada saat event Johnson’s with The Urban MamaManfaat Pijat Bayi :

  1. Kontak fisik adalah ikatan emosional pertama bayi dengan ibu mereka. Hal tersebut membantu mereka untuk merangsang stimulasi sensorik pada bayi yang merupakan kunci pertumbuhan, komunikasi serta pembelajaran.
  2. Sentuhan sederhana penuh cinta seperti yang dilakukan melalui ritual pijat dan mandi dapat menjadi waktu yang tepat untuk membangun ikatan ibu dan bayi.
  3. Kegiatan penuh cinta ini juga dapat memicu stimulasi multisensorik yang membantu perkembangan psikologis dan emosional bayi serta melancarkan sirkulasi darah dan menguatkan sistem imunitas tubuh bayi.
Beberapa produk Johnson’s Baby

JOHNSON’S sebagai salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak, meluncurkan inisiatif terbarunya, “Sentuhan Cinta“. Program ini mendorong ibu Indonesia untuk mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi. Sentuhan Cinta bertujuan untuk memberikan bayi di seluruh Indonesia kesempatan yang sama untuk hidup agar mereka dapat tumbuh, berkembang dan menggapai impian mereka.Bonus demografi diperkirakan akan dialami oleh Indonesia selama periode 2020 hingga 2030 ketika jumlah orang di usia produktif akan mencapai sekitar 70 persen dari populasi. Ini artinya jika bayi memiliki kesempatan untuk tumbuh, mereka akan dapat meraih impian mereka di beberapa dekade ke depan dan memberikan kontribusinya pada perbangunan negara. Oleh karena itu, hal ini adalah tanggung jawab kita sebagai orangtua untuk menjaga kesejahteraan bayi.

Dalam program Sentuhan Cinta ini, Johnson’s bekerja sama dengan Save The Children di Indonesia, Yayasan Sayangi Tunas Cilik untuk membantu edukasi ritual pijat bayi dan mandi bayi kepada para ibu di Indonesia melalui program “Kesehatan Ibu dan Anak” .

Melalui program Sentuhan Cinta, Johnson’s akan memulai perjalanan dan mengadvokasi para ibu di wilayah Indonesia dengan angka kematian bayi relatif tinggi seperti Maluku, Sumba dan Sumatera Utara. Program Sentuhan Cinta juga kini dapat menjangkau para ibu di seluruh Indonesia dengan kerjasama yang terjalin bersama Alfamart dan Tokopedia.

Setiap kita melakukan transaksi pembelian semua jenis produk Johnson’s baby minimum Rp. 25.000,- di Alfamart atau di Johnson’s Baby Care Collection di Tokopedia. Setiap transaksi tersebut, para ibu secara otomatis akan menyumbangkan Rp. 500,- untuk Save The Children dan membantu mereka mendidik ibu lainnya di seluruh Indonesia agar bayi mereka dapat tumbuh kuat dan sehat.

Semoga informasi tadi berguna ya mam. Untuk para ayah juga bisa ikutan berpatisipasi kok dalam simulasi pijat bayi ini. Terima kasih untuk Johnson’s Baby dan The Urban Mama untuk event yang menarik dan menambah ilmu ini. Selamat memijat bayi Mama! ^^

Pojokan yang nyaman Johnson’s baby

 

The Urban Mama with JOHNSON”S

 

JOHNSON’S Temu Komunitas bersama The Urban Mama

 

Terima Kasih Johnson’s dan The Urban Mama

 

Yeay! foto dulu sebelum pulang

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *