Kampanye Unilever Bright Future : Dukung Masa Depan Cerah Anak Indonesia

Hello Bunda..

Selamat hari ibu untuk kita semuaaa ^^ Semoga kita semua tetep bisa menjadi ibu, bunda, mama, mommy, embu yang baik untuk anak anak kita. Amien. Berbicara tentang peran penting kita sebagai ibu, seorang ibu memiliki peranan penting dalam mengambil keputusan di dalam keluarga kita. Salah satu peranan penting itu mencakup kebiasaan kita memilih produk yang baik untuk suami, anak dan tentunya untuk kita sendiri.

Memberi kebiasaan berbuat baik dan melakukan hal baik pada anak pun merupakan tugas mulia seorang ibu. Hal hal kecil yang bisa kita terapkan setiap hari kepada anak kita akan mendapatkan dampak yang besar pada saat pertumbuhan dan masa depan mereka. Bagi saya pribadi misalnya, saya membiasakan anak anak untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Membiasakan menggosok gigi dua hari sekali. Membiasakan membuang sampah pada tempatnya dan membiasakan mereka merapihkan kembali mainan setelah mereka selesai bermain. Dengan kebiasaan kebiasaan kecil itulah saya berharap anak anak bisa terbiasa disiplin dan mengerti pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan.

Senang sekali saya mendapat undangan #TUMBloggersMeetUp untuk menghadiri event The Urban Mama, acara yang di adakan pada hari Sabtu tanggal 17 Desember 2016 pukul 12.00 – 15.00 di D-Lab by SMDV di Jalan Riau no 1 Menteng Jakarta Pusat. The Urban Mama kali ini mengadakan acara bersama Unilever Indonesia dan Blibli.com dengan tema “Kampanye Unilever Bright Future : Selamat Tinggal Dunia Lama,  Dukung Masa Depan Cerah Anak Indonesia lewat Dunia yang Sehat dan Gembira”. Aaaaah ga sabar deh dengan materi yang akan disampaikan. Banyak sekali mama blogger yang di undang, semakin semangat mengikutinya. Event ini dibuka oleh MC Mbak Fika, lalu dilanjut dengan sambutan dari founder The Urban Mama yaitu Teteh Ninit Yunita.

Founder Teteh Ninit Yunita sedang memberikan sambutan

Narasumber yang pertama yaitu Mba Adisty Nila Sari selaku Media Relations Manager Unilever, Mbak Adisty menjelaskan bahwa saat ini Unilever Indonesia sedang berbagi kampanye Unilever Bright Future. Apa sih maksud dari Unilever BrightFuture? Unilever ingin mengingatkan kembali bahwa pentingnya membuat masa depan yang baik untuk anak anak kita. Masih banyak di permukaan bumi ini anak anak yang kekurangan air dan makanan. Masih banyak anak anak yang meninggal di bawah umur 5 tahun, karena masalah penyakit seperti diare. Unilever sudah memulai kampanye dari tahun 2013  dengan nama Project Sunlight, dan pada April 2015 berganti nama menjadi Unilever BrightFuture. Visi Unilever itu sendiri adalah “mengembangkan bisnis, seraya menyingkirkan dampak lingkungan dari perkembangan kami serta meningkatkan dampak positif bagi masyarakat” .

Setiap tahunnya Unilever selalu melakukan kegiatan kegiatan berbeda, seperti donasi untuk program nutrisi, tentang pentingnya sarapan, kampanye tentang sanitasi, aktivitas yang mengajak keluarga di Indonesia tentang pola hidup bersih dan sehat. Pembangunan taman, edukasi tentang mencuci tangan yang benar, edukasi tentang sikat gigi pagi dan malam. Semua hal itu dilakukan Unilever untuk meningkatkan kepedulian untuk kehidupan kita yang lebih baik. Unilever juga mencoba menularkan “virus baik” itu bagi masyarakat, sehingga masyarakat terbiasa melakukan hal hal baik. Diharapkan dengan kegiatan kegiatan itu juga , sekalian mencari masalah apa aja sih yang ada di masyarakat. Dan sama sama mencari solusinya dari masalah tersebut.

Memahami pentingnya membangun dunia yang baik demi masa depan generasi mendatang, Unilever bermitra dengan Blibli.com mengajak konsumen untuk melakukan hal nyata untuk membangun masa depan yang cerah. Tahun ini BrightFuture mengusung tema “Selamat Tinggal Dunia Lama”. Intinya, Unilever ingin mengajak masyarakat untuk meninggalkan cara pandang pesimistis mengenai dunia kita saat ini yang penuh dengan masalah. Dan bersama sama membangun dunia baru yang lebih baik, khususnya bagi anak anak kita. Dunia tempat anak bisa tumbuh di lingkungan yang lestari dan sehat serta menjalani masa kecilnya dengan gembira.

Unilever dan Blibli.com

Maka itu untuk mengajak konsumen berpartisipasi secara langsung, Unilever menggandeng Blibli.com untuk mengedukasi konsumen melalui program kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan komunitas di sekitar area bermain publik di 5 Kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan dan Makasar. Program yang dijalankan dengan Blibli.com tidak hanya mengajak peran aktif masyarakat dalam mewujudkan dunia yang lebih sehat dan gembira lewat media digital. Namun juga menggandeng komunitas dan pemerintah di sekitar taman bermain umum untuk memanfaatkan dan menjaga fasilitas yang sudah ada bisa dimanfaatkan dengan baik bila komunitas setempat ikut merawat.

Narasumber kita yang kedua yaitu Mbak Lani Rahayu, selaku Senior Marketing Communication Manager Blibli.com. Beliau mengungkapkan bahwa Blibli.com menyambut baik program Unilever-BrightFuture yang memberikan kehidupan lebih baik bagi generasi masa depan. “Ini sejalan dengan visi dan misi kami untuk memberikan kehidupan lebih baik sesuai gaya hidup konsumen. Kami juga melihat belanja online menjadi solusi bagi masyarakat khususnya yang tinggal di kota – kota besar, terlebih bagi ibu – ibu modern belanja online bisa memudahkan belanja bulanan tanpa ke luar rumah dan tetap bisa berkumpul bersama keluarga”

Talkshow Unilever bersama Blibli.com

Mbak Lani dari Blibli.com pun memberikan tips pada saat kita berbelanja online. Kita mesti dapat membedakan mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang merupakan keinginan. Bukan karena alasan online kita menjadi  “kalap” berbelanja. Tapi kadang kadang kita boleh memberi reward kepada diri kita untuk shopping :D. Siapa sih yang ga suka belanja? wiiih saya yang semangat gini kalau udah ngomongin shopping hahaha! Tips yang kedua yaitu jangan pernah berbelanja online dengan wifi public, karena kita tidak tahu bahwa data data penting kita seperti nama, no rekening dan info data kita lainnya bisa di hack oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Tips yang terakhir yaitu Carilah URL dengan bar berwarna hijau, yaitu penanda bahwa situs tersebut sudah terjamin keamanannya.  Wah akhirnya tahu ya, bahwa kita ga bisa sembarangan belanja online di sembarang tempat dengan media wiifi gratis. Terima kasih mbak Lani  untuk info penting itu ^^

Kampanye Bright Future bersama Blibli.com berlangsung dari tanggal 1 Desember2016 sampai dengan 31 Desember 2016. Selama masa periode kampanye tersebut, setiap pembelian produk Unilever tertentu seperti: Lifebuoy, Pepsodent, Blue Band, Domestos, Vixal dan Rinso di Blibli.com, konsumen secara otomatis turut mendonasikan Rp. 1.000,- untuk program edukasi kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan komunitas di area taman bermain. Senangnya, saya sebagai seorang ibu yang memakai produk produk Unilever tersebut bisa ikut membantu melakukan perubahan walau hanya dengan menyumbang 1000 rupiah dari setiap belanjaan produk Unilever yang saya beli. Alhamdulillah ^^

Beberapa Produk Unilever yang termasuk produk donasi 1000 rupiah dari hasil penjualan.

Terakhir narasumber kita yaitu seorang Psikolog Retno Dewanti Purba dari SAUH Psychological Services, beliau mengatakan “pemberdayaan komunitas di era sekarang ini sangatlah tepat. Komunitas sebagai saluran yang menterjemahkan gerakan sosial menjadi sebuah aksi dan yang menjadi pengikat suatu komunitas adalah kepentingan bersama dalam memenuhi kebutuhan sosial. Melalui kolaborasi dengan banyak pihak yang relevan sangatlah diperlukan agar tujuan dari kampanye brightFuture bisa mengikutsertakan sebanyak mungkin orang”

Mbak Retno juga menambahkan “Taman bermain yang telah dilengkapi dengan fasilitas sanitasi yang baik dan sarana edukasi yang menarik, akan memungkinkan anak anak untuk beraktivitas dan mengembangkan diri secara optimal. Mempromosikan dan mendorong perilaku bermain yang menyenangkan adalah hal yang esensial untuk hidup yang membahagiakan dan masa depan yang lebih cerah. Pembentukan kebiasaan baik bagi anak anak melalui pembelajaran sosial”

Intinya, penting untuk kita sebagai ibu untuk mengajak anak kita bermain di luar. Gadget bukan berarti tidak boleh, kita bisa memberi batasan tentang penggunaan gadget tersebut. Ajaklah anak kita bermain di taman, tapiiii jangan sampai sesampainya kita di taman, kita lalu asik dengan gadget kita sendiri, kita harus ikut bermain dan memberikan informasi apa saja yang ada di taman tersebut sehingga bisa sekaligus menjadi pembelajaran. Bermain sambil belajar, Ingatlah taman itu media tidak hidup. Maka itulah membutuhkan peran kita sebagai orangtua untuk menghidupkan dan memanfaatkan fasilitas taman tersebut.

Bright Future itu basicnya adalah Change. Perubahan untuk menuju lebih baik. Maka dari itu mari kita tularkan kebiasaan baik ini. Seorang ibu adalah orang pertama dari sebuah keluarga yang mengimplementasikan bagaimana mengajarkan hal hal baik bagi anak anaknya. Dan tugas kita juga untuk menyebarkan “virus kebaikan” itu kepada masyarakat. Mari kita dukung masa depan cerah anak Indonesia lewat dunia yang sehat dan gembira.

Terimakasih untuk The Urban Mama, Unilever dan Blibli.com yang telah mengadakan acara yang bermanfaat dan banyak ilmu ini.

Sesi photo bersama seusai acara The Urban Mama bersama Unilever dan Blibli.com
Teteh Ninit, Mbak Lani, Mbak Adisty, Ibu Retno dan Mbak FIka

 

One Comment Add yours

  1. AHMAD FAUZI says:

    artikel yang sangat bermanfaat! izin shere ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *