Investasi Tulang Sehat untuk Masa Depan

Salam Sehat!

Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi cerita tentang event yang saya hadiri. Seperti biasa, acara The Urban Mama selaluuuu saja menyenangkan.  Kali ini The Urban Mama #TUMHealtyMama bersama Protecal menyelenggarakan event yang diberi nama “Investasi Tulang Sehat untuk Masa Depan” . Acara ini diselenggarakan untuk memperingati  hari kesehatan nasional yang jatuh tepat pada tanggal 12 November , dan tepatnya berlangsung hari sabtu tanggal 26 November 2016 yang lalu di tempat yang nyaman banget, lokasi tepatnya di dlab by smdv.

Pagi pagi banget saya janjian sama temen dekat saya yang sekaligus seksi sibuknya The Urban Mama, Ipeh namanya. Karena bareng sama panitianyaaa jadi pasti sampenya duluan dari yang lain kaaan? hahaha! sampai sana masih sepi, tempatnya enak, Dlab ini adalah Working Space yang berlokasi di Jalan Riau no 1 Menteng Jakarta Pusat. Tempatnya homey banget jadi betaaah. Waktu itu temanya di isi dengan kelas yoga dan zumba, jadi suasana pagi hari itu udah rapi dengan tataan yoga mat. Ini dia beberapa spot yang saya foto.

 

 

 

Sebelum saya menceritakan tentang acara yang seru ini, saya mau berbagi pengalaman saya waktu dulu . Kalau di ingat ingat, kok saya begitu cueknya sama kesehatan tulang saya. Saya aktif banget bergerak, waktu saya masih bekerja dahulu, pergi kerja selalu menyempatkan jalan kaki, walau hanya beberapa meter, saya selalu berpikir untuk menyempatkan olahraga kecil agar badan terbiasa untuk bergerak. Karena kalau sudah sampai kantor lebih banyak duduk menghabiskan waktu kerja. Belum lagi memakai sepatu high heels, kadang sampai rumah berasa capek dan pegal di bagian kaki.  Karena keterbatasan waktu juga, saya hanya menyempatkan olahraga zumba 1 sampai 2 kali seminggu.

Pas hamil anak ke dua pun saya agak bandel nie, susah banget minum susu, berasa banget tulang belakang punggung saya agak nyeri. Banyak yang bilang sih kalsium saya di ambil sama adik bayinya. huhuhu! Mmmmh, acara ini seakan akan menampar saya untuk sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tulang. Apalagi sekarang umur saya sudah ga terbilang muda lagi, sekarang pun saya seorang ibu rumah tangga, aktifitas yang di kerjakan lebih banyak, berolahraga, bermain loncat dan lari lari bersama anak anak,  mengerjakan pekerjaan rumah karena saya ngga memakai jasa pembantu, dan tentu saja mengantar dan menjemput anak anak sekolah. Intinya kegiatan sehari hari saya lebih banyak bergerak, dan tentu saja bergerak itu membuat semua tulang di dalam badan kita bekerja lebih banyak daripada waktu saya masih bekerja dahulu.

Setiap event The Urban Mama selalu menyenangkan, acaranya santai tapi diisi dengan hal berbobot. Penuh manfaat, dapat kenalan baruu di setiap eventnya, daaan yang paling seru selalu ada hadiah jika kita aktif. Yeay! Okey, back to the topic, kali ini The Urban Mama bekerja sama dengan Protecal akan memberitahu kita tentang pentingnya menjaga kesehatan tulang untuk investasi kita di masa depan. Yuk kita bahaaasss ^^

Investasi Kesehatan

Kesehatan adalah aset yang utama. Tanpa fisik yang sehat, kita tidak bisa menjalani dan menikmati hidup sepenuhnya.  Pertanyaan pertama pada saat menjelaskan tentang kesehatan tulang ini menarik sekali. Yaitu:  “Apa yang terlintas di pikiran kalian tentang investasi?”  Pasti jawabannya adalah Rumah, mobil, deposito, tanah, dana pendidikan, dan dana pensiun? Setiap kita berbicara Investasi sering kali terlintas dengan berapa banyaknya materi dan aset yang kita miliki. Lalu bagaimana dengan kesehatan? Apakah kesehatan termasuk investasi? Padahal kesehatan adalah berkah utama yang perlu kita syukuri. Sudahkah anda berinvestasi untuk kesehatan? Apakah kita sudah melakukan investasi untuk kesehatan di masa yang akan datang?

Pada kesempatan ini, Protecal mengingatkan kembali kepada kita betapa pentingnya berolah raga untuk menjaga agar kita selalu sehat dan bugar. Tentu saja mesti didukung dengan tulang yang kuat. The Urban Mama kali ini mengadakan olahraga bersama yaitu olahraga Yoga dan Zumba. Kebeneran banget ni saya memang rutin melakukan olahraga zumba. Acara ini dibagi menjadi dua sesi, pada pukul 08.30 pagi acara dimulai dengan kelas yoga. Dengan instruktur yoga dari member The Urban Mama sendiri yaitu mbak Indah Nildha, kelas yoga berlangsung kurang lebih satu jam. Mbak Indah Nildha mengingatkan bahwa selama melakukan yoga, urban mama harus tetap happy, smile, dan fokus. Ada beberapa gerakan yang diajarkan untuk menguatkan tulang, seperti warrior pose untuk memperkuat pinggul dan tulang belakang, chair pose untuk memperkuat tulang dan otot pada kaki, lengan, tulang belakang, tree pose untuk memperkuat tulang dan lengkungan kaki.

Kelas selanjutnya adalah kelas zumba, senang sekali mendapat kesempatan berdiri di depan bersama dua instruktur zumba Mbak Lida dan Mbak Nancy dari studio LC Bogor. Mereka membawakan zumba dengan penuh semangat dan energik, Membawa audience  mengikuti setiap gerakan yang diperagakan oleh instruktur zumba. Satu jam berlalu, keringat kami pun bercucuran, ritme lagu zumba yang awalnya masih bisa diikuti lama kelamaan semakin rumit dan penting sekali otak kita mengingatnya. ahahahaha! Acara selanjutnya disambung dengan berbagi ilmu tentang kesehatan tulang dari protecal. Mereka menyampaikan beberapa hal penting tentang pentingnya menjaga aset kesehatan tulang kita.

Investasi apa saja yang sudah kita lakukan untuk menjaga kesehatan kita? Olahraga, tidur cukup, makan makanan bergizi, minum cukup air putih, dan hindari stress. Nah untuk menopang aktivitas harian kita yang padat, jangan lupa untuk menjaga kesehatan tulang. Menurut Fransisca Emi dari Protecal, pentingnya menjaga kesehatan tulang ada beberapa manfaatnya , yaitu agar dapat terus bergerak, menikmati hari tua, aktif seutuhnya dan tetap cantik sesungguhnya, jaga selalu kesehatan tulang kita.

Tulang adalah penopang tubuh yang utama. Tanpa tulang yang sehat, tubuh tidak akan mampu beraktivitas dengan baik. Di dalam tulang terkandung kalsium, yang menjaga tulang tetap kuat. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga tulang tetap sehat. Konsumsi makanan kaya kalsium dan vitamin D, olahraga teratur dan menjaga gaya hidup sehat.

Berbicara tentang kepadatan tulang dan osteoporosis. Tulang kita hidup. Setiap hari, tubuh memecah tulang dan membentuk tulang muda. Semakin bertambah usia, ada lebih banyak tulang yang dipecah daripada tulang muda yang dibentuk. Tanpa kita mengkonsumsi makanan yang tepat dan olahraga teratur, tulang bisa menjadi rapuh dan akhirnya muncul osteoporosis. Osteoporosis meningkatkan peluang terjadinya fracture/retak pada tulang seperti pinggul atau pergelangan tangan.

Pengecekan Tulang

Pada acara The Urban Mama bersama Protecal ini,  kami juga mendapat fasilitas lainnya yaitu pengecekan tulang gratis. Yeay! Baru kali ini saya melakukan pengecekan tulang saya. Dan hasil yang saya dapat yaitu kondisi tulang bernama Osteopenia. Kondisi tulang saya sudah berada di T-Score -2,1 (62,4%).

Ternyata ada 3 tingkatan status kepadatan tulang pada manusia, yaitu normal, osteopenia, dan osteoporosis. Untuk mengetahui kondisi kepadatan tulang, sebaiknya melakukan pengecekan setiap 6 bulan sekali. Ayo tunggu apalagi, cek kondisi tulang kalian yaaa

 

 

 

Puncak masa tulang ternyata ada di usia 30 tahun. Wanita memiliki faktor resiko osteoporosis lebih tinggi karena adanya penurunan kadar hormon esterogen terutama setelah meonopause. Sedangkan esterogen sendiri membantu penyerapan kalsium oleh tubuh. Ow ow! udah warning banget ni umur saya sudah termasuk umur puncaknya tulang. Tapi belum terlambat untuk mencegahnya dari sekarang.

Apakah kebutuhan kalsium harian kita sudah tercukupi? Ternyata kebutuhan kalsium rata rata orang dewasa Asia yaitu 1.000 mg/hari. Dan rata rata kita mengkonsumsi 450 mg kalsium/hari. Berarti kurang banyak banget ya kebutuhan kalsium kita sekarang? FIuuuh!

Kenapa Memilih Protecal?

Kenapa sih kita memilih Protecal? Salah satu alasannya yaitu Protecal diproduksi dengan bahan bahan berkualitas tinggi dan proses produksinya terjamin dengan penerapan CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik).  Protecal juga simple dan praktis, seperti Protecal Bone Kaplet, tinggal dibawa kemana mana dalam tas. Dan yang utama yaitu Protecal solid ini bebas gula. Dengan harga yang lebih ekonomis juga serta lebih banyak pilihan rasa seperti rasa jeruk dan rasberry.

Ini dia beberapa foto kegiatan The Urban Mama kali ini.

 

 

 

 

Nah itu tadi cerita saya tentang event The Urban Mama yang didukung oleh Protecal. Sekarang udah ga bingung lagi kan investasi tentang kesehatan? Kita bisa mendapatkan kualitas Protecal dengan harga yang terjangkau. Sehat ga harus selalu mahal kan? ^^

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *